5 Tips Perawatan Kaki

Kaki kita bekerja tanpa lelah sepanjang hari. Dari menyeimbangkan bobot tubuh hingga berjalan, keduanya mengerahkan tenaga tinggi setiap hari. Jadi, perawatan kaki itu penting, seperti yang Anda lakukan untuk bagian tubuh lainnya. Kami tidak membahas soal pedikur yang mahal. Sebagai gantinya, ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan.

1.Jangan sampai tidak pakai pelembap

Saat Anda mengoleskan pelembab ke seluruh tubuh, jangan lupakan kaki Anda. Lakukan tindakan ini segera sehabis mandi karena pada waktu tersebut pori-pori terbuka dan losion dapat meresap jauh ke dalam kulit. Pijat selama beberapa detik untuk membiarkan kaki menyerap krim dengan baik. Jika memungkinkan, tutupi kaki Anda dengan kaus kaki.

2.Bersihkan kaki dengan benar

Berusahalah membersihkan kaki Anda dengan benar. Sesekali, Anda bisa menggunakan gel pembersih khusus untuk kaki. Ingatlah untuk membersihkan sela-sela jari kaki Anda. Belilah batu apung yang bagus dan gosok kaki Anda dengan batu itu setiap hari. Perawatan ini membantu menghilangkan sel-sel mati dari kaki agar terasa lebih halus. Keringkan kaki secara menyeluruh.

3.Gunakan sepatu yang sesuai

Meskipun sepatu hak tinggi dan sepatu yang modis sesekali boleh saja, Anda sebaiknya tidak sering-sering memakainya. Pemilihan sepatu yang pas penting karena sepatu yang tidak nyaman dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan kaki. Tips ahli: Belilah sepatu baru di sore hari karena penelitian mengungkap bahwa kaki kita membesar di sore hari.

4.Rendam kaki setiap minggu

Manjakan kaki Anda setiap minggu. Rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan madu dan scrub kaki ringan. Madu sarat dengan kandungan bakterisida dan antiseptik serta merupakan pelembab yang efektif. Gunakan bahan-bahan yang ringan saat merendam kaki dengan butiran scrub untuk hasil terbaik. Sikat sel-sel mati dari seluruh kaki dengan alat kikir di dalam air.

5.Kendalikan berat badan Anda

Penelitian mengungkap, kelebihan berat badan membebani kaki kita dan meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti radang sendi, dan mengakibatkan masalah kaki lainnya. Kelebihan berat badan juga menimbulkan masalah-masalah seperti sirkulasi darah yang tidak lancar dan diabetes yang berdampak buruk pada kaki Anda. Berusahalah melakukan peregangan dan latihan kaki seperti melemaskan pergelangan kaki dan menggerak-gerakkan jari kaki untuk memastikan sirkulasi darah yang baik.