7 Tips Sederhana Membangun Networking yang Baik dan Efektif

Sekolahnews.com – Di zaman saat ini agaknya memiliki jaringan pertemanan atau networking yang luas memang diperlukan. Bukan tidak mungkin, jika suatu hari jaringan pertemanan yang kamu miliki bisa memberikanmu keuntungan, termasuk di antaranya referensi bisnis, akses informasi, peluang kolaborasi, dan sebagainya.

Networking ini menjadi salah satu faktor penting yang berperan besar dalam proses meraih kesuksesan karier kamu. Karena selain kinerja yang baik, tak bisa dipungkiri memiliki relasi yang luas juga menjadi pertimbangan dalam peningkatan kariermu.

Lalu, bagaimana tips membangun networking yang baik dan efektif? Berikut ulasannya.

1. Jalin Kontak

Sebelum membangun koneksi dengan orang lain, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menjalin kontak dengannya. Dengan menjalin kontak, kita akan mengetahui sifat dari orang tersebut dan apa kebiasaannya sehingga akan lebih mudah membangun koneksi dengan orang tersebut.

Hubungan yang dijalin pun bisa jadi lebih personal. Itu dapat memberikan manfaat untuk jangka yang lebih panjang.

2. First Impression

Ketika baru pertama kali menjalin komunikasi dengan orang lain, berikanlah first impression atau kesan pertama terbaik. Sebab, bagaimana sikap kita saat bertemu atau berkomunikasi dengan orang itu sangat berpengaruh, baik itu dari cara bicara kita, postur, dan kemampuan mengembangkan pembicaraan.

Itulah mengapa langkah awal untuk memperbaiki first impression adalah memperluas wawasan. Pasalnya, kita tidak tahu akan bertemu dengan siapa ke depannya. Dengan pengetahuan yang luas, kamu akan dengan mudah mengembangkan pembicaraan dan membangun networking kerja ke depannya.

3. Hadir dalam Berbagai Kegiatan

Hal ketiga adalah dengan kamu mengikuti berbagai macam kegiatan seperti seminar atau festival. Di momen seperti ini kamu bisa memanfaatkan untuk bertemu orang baru, berbasa-basi untuk membuka percakapan sampai akhirnya kamu bisa bertukar kartu nama.

Biasanya, kegiatan seperti seminar dan festival dihadiri oleh orang-orang hebat dan berpengalaman dari berbagai perusahaan. Ini menjadi situasi yang tepat buatmu membangun networking kerja.

4. Gunakan Media Sosial dengan Bijak

Media sosial juga bisa digunakan untuk membangun networking. Dengan medsos, mungkin kamu akan menemukan orang-orang baru yang sesuai dengan minat dan bidang yang kalian kerjakan di media sosial lain.

Selain itu, bisa saja kamu menemukan orang baru yang dapat membantu menuntaskan pekerjaan yang kamu lakukan. Hal itu dapat membuat hasil yang dikerjakan dapat lebih baik dan dapat meningkatkan karier ke depan.

5. Jangan Malu

Dalam menjalin komunikasi dengan orang lain, kamu tidak boleh mengenal rasa malu. Pastinya kamu akan sering bertemu dan menyapa orang lain. Apalagi, untuk orang yang baru kamu temui di komunitas atau kegiatan lainya.

Meski agak sulit bagi kamu yang super pemalu, kamu harus bisa mencobanya perlahan. Jika terbiasa menghadapi orang baru, kamu akan lebih mudah beradaptasi dalam berbagai kesempatan.

6. Jujur Adalah Kunci

Satu hal yang tak kalah penting dalam membangun networking dalam urusan kerja adalah untuk jujur. Kamu tidak perlu berpura-pura hanya agar disukai oleh lawan bicara.

Selain itu, jangan sampai mengungkapkan sesuatu yang sebenarnya kamu sendiri tidak mengerti. Hal itu akan merugikan dirimu sendiri ke depannya. Ditakutkan karena ketidakjujuranmu ini akan membuat orang lain merasa risih mu hingga akhirnya menjauhi mu.

7. Jangan lupakan teman lama

Meski kamu sudah memiliki networking kerja yang banyak, jangan lupakan teman lamamu ya. Teman-teman lamamu adalah orang-orang yang bisa kamu ajak menjalin komunikasi kembali agar networking-mu semakin baik. (kumparan.com)