9 Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai sudah lama menjadi tren diantara penikmat makanan sehat (healthy food) karena segudang manfaat yang terkandung didalamnya. Selain sebagai sumber protein, karbohidrat. gula, serat, dan lemak yang baik, susu kedelai juga kaya vitamin dan mineral yang mampu menurunkan kadar kolesterol, risiko obesitas, bahkan kanker. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang meminum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibanding yang tidak meminumnya.

Berkat beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, tak heran jika susu kedelai dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1.Membantu Menurunkan Kolesterol

Protein terbuat dari asam amino yang memiliki keuntungan mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengonsumsi makanan yang rendah kolesterol, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

2.Membantu mengontrol gula darah

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Archives Internal Medicine, menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang diolah dari biji-bijian dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Di antara pasien dengan diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai memiliki efek yang baik untuk tekanan darah dan gula darah. Hal ini karena susu kedelai mengandung indeks glikemik yang rendah.

3.Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Tak hanya baik dikonsumsi sebagai alternatif pengganti susu sapi, susu kedelai pun bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan protein, vitamin, dan mineral yang diketahui baik untuk mendukung kinerja sel darah putih dan menghasilkan antibodi.

Di samping itu, susu kedelai juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik. Antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bakteri atau virus penyebab penyakit. Dengan begitu, tubuh bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit.

4.Memelihara Kesehatan Tulang

Berkat vitamin D yang ditambahkan ke dalamnya, mengonsumsi susu kedelai bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Manfaat susu kedelai lainnya adalah mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada wanita paska menopause. Osteoporosis merupakan risiko yang dialami wanita berusia di atas 50 tahun. Kurangnya kalsium dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit tersebut.

5.Mencegah Anemia

Vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah sehingga mengurangi risiko anemia. Sumber vitamin B12 lain yang bisa Anda peroleh ialah telur dan produk susu. Namun, jika Anda merupakan seorang vegetarian atau memiliki alergi terhadap susu sapi, konsumsi susu kedelai dapat membantu melengkapi kebutuhan vitamin B12 harian.

6.Menurunkan Risiko Alzheimer

Susu kedelai kaya akan asam lemak Omega 3, yang merupakan lemak “sehat” yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Asam lemak Omega 3 sering dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penyakit alzheimer. Hal ini dikarenakan kedelai adalah salah satu sumber asam lemak Omega 3 non-hewani terbaik.

7.Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Manfaat lain dari susu kedelai adalah mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker prostat pada pria. Manfaat ini berasal dari kandungan isoflavon di dalamnya. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai, susu kedelai juga baik untuk mengurangi risiko terjadinya kanker payudara. Namun, selain dengan mengonsumsi susu kacang, Anda juga dianjurkan untuk melakukan langkah pencegahan kanker lainnya, misalnya berhenti merokok, menjalani pola makan sehat, menjauhi minuman beralkohol, berolahraga secara rutin, dan mengurangi stres.

8.Memberi Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Kedelai yang terdapat pada susu kedelai mengandung folat atau Vitamin B9. Kedua zat ini berperan penting sebagai nutrisi untuk ibu hamil. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, ibu yang mengonsumsi kedelai selama proses kehamilan memiliki plasenta yang lebih sehat dan berat janin yang baik.

9.Membantu Proses Pembekuan Darah

Selain untuk membantu proses penyerapan kalsium, vitamin K juga membantu proses pembekuan darah. Pembekuan darah dibutukan oleh tubuh dalam menyembuhan luka dan cedera. Vitamin K yang terdapat pada susu kedelai berperan menghasilkan protrombin, yaitu protein khusus yang berfungsi untuk pembekuan darah dan metabolisme tulang.