Ada 8 Hujan Meteor yang Bisa Disaksikan Selama Desember 2022

Sekolahnews.com – Di bulan Desember 2022 ini akan ada delapan hujan meteor. Hal ini diinformasikan akun Instagram @lapan_ri.

Peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang membenarkan adanya delapan hujan meteor pada Desember 2022.

Hujan meteor merupakan sejumlah meteor yang jatuh dan melewati permukaan Bumi dalam jumlah banyak, sehingga terlihat seperti hujan yang turun. Sementara, meteor adalah ketampakan jalur jatuhnya meteorid ke atmosfer Bumi.

Dari delapan hujan meteor pada Desember 2022, hanya Ursid yang tidak terganggu oleh interferensi cahaya alami dari Bulan. Sementara tujuh hujan meteor selebihnya terganggu oleh interferensi cahaya alami dari Bulan.

Untuk mengamati semua hujan meteor ini, tidak perlu menggunakan alat bantu optik, cukup dengan mata saja. Kecuali jika ingin merekam maupun memotretnya menggunakan kamera DSLR maupun kamera all sky dengan medan pandang 180 derajat, sangat direkomendasikan bagi yang ingin mengabadikannya dalam bentuk citra maupun video.

Nah, inilah delapan hujan meteor di bulan Desember ini:

Phoenicid – 2 Desember 2022

Phoenicid adalah hujan meteor yang titik radian atau titik asal kemunculannya terletak di konstelasi Phoenix dekat bintang Archernar (Alfa Eridani) konstelasi Eridanus.

Hujan meteor ini telah aktif sejak 27 November dan akan berlangsung hingga 9 Desember 2022.

Hujan meteor ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia dari arah tenggara setelah Matahari terbenam (pada 2 Desember) hingga terbenam di barat daya keesokan harinya (pada 3 Desember) sekitar pukul 03.00 pagi waktu setempat.

Puppid-Velid – 6 Desember 2022

Hujan meteor Puppid Velid terletak di kosntelasi Vela dekat bintang Regor (Gamma Velorum) yang berbatasan dengan konstelasi Puppis.

Hujan meteor ini aktif sejak 30 November dan akan berlangsung hingga 15 Desember. Intensitas maksimumnya mencapai 10 meteor per jam saat berada di zenit atau titik di atas pengamat pada 7 Desember 2022.

Puppid-Velid dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia dari arah tenggara sejak 6 Desember sekitar pukul 21.00 waktu setempat hingga meredup di arah barat daya sebelum Matahari terbit. Intensitas hujan meteor ini di wilayah Indonesia mencapai 6-8 meteor/jam.

Monocerotid Desember – 8 Desember 2022

Titik asal hujan meteor Monocerotid Desember terletak di konstelasi Monoceros yang berbatasan dengan konstelasi Orion dan Gemini.

Hujan meteor ini aktif sejak 4 sampai 20 Desember dengan isntensitas maksimum 3 meteor/jam saat berada di atas pengamat pada 9 Desember.

Monocerotid Desember dapat disaksikan di seluruh Indonesia dari arah timur setelah waktu sholat isya (8 Desember) hingga meredup di arah Matahari terbit (9 Desember). Intensitas di wilayah Indonesia mencapai 2-3 meteor/jam.

Sigma Hybrid – 8 Desember 2022

Hujan meteor ini titik kemunculannya terletak di dekat bintang Sigma Hydrae di konstelasi Hydra, yang berbatasan dengan konstelasi Monoceros.

Hujan meteor Sigma Hybrid aktif sejak 4 Desember dan berlangsung hingga 20 Desember dengan intensitas maksimum 7 meteor/jam pada saat di atas pengamat pada 9 Desember.

Hujan meteor ini dapat disaksikan di seluruh Indoneisa dari arah timur sejak 8 Desember 21.15 waktu setempat hingga meredup di arah barat sebelum Matahari terbit. Intensitas di wilayah Indonesia hanya 6-7 meteor/jam.

Geminid – 14 Desember 2022

Titik asal kemunculan hujan meteor Geminid terletak di konstelasi Gemini yang aktif sejak 3-20 Desember.

Hujan meteor yang satu ini memiliki intensitas maksimum 150 meteor/jam saat berada di atas pengamat pada 15 Desember.

Penampakan hujan meteor Geminid dapat disaksikan di wilayah Indonesia dari arah timur laut sejak 8 Desember pukul 20.15 waktu setempat hingga meredup di arah barat laut sebelum Matahari terbit. Intensitas hujan meteor ini di wilayah Indonesia mencapai 86-107 meteor/jam.

Coma Berenicid – 16 Desember 2022

Hujan meteor Coma Berenicid terletak di dekat bintang Denebola (Beta Leonis) konstelasi Leo berbatasan dengan Coma berenices.

Hujan meteor ini aktif sejak 11-23 Desember dengan intensitas maksimum 3 meteor/jam saat berada di atas pengamat.

Coma Berenicid dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia dari arah timur laut setelah tengah malam (16 Desember) hingga meredup di arah utara sebelum Matahari terbit. Intensitas di wilayah Indonesia bervariasi antara 2-3 meteor/jam.

Coma Berenicid berasal dari sisa debu benda langit yang sayangnya tidak diketahui dengan kelajuan geosentrik mencapai 234.000 km/jam.

Leonis Minorid Desember – 19 Desember 2022

Hujan meteor ini terletak di dekat konstelasi Leo Minoris yang aktif sejak 4 Desember 2022 dan akan berlangsung hingga 4 Februari 2023.

Intensitas hujan meteor Leonis Minorid ini maksimum mencapai 5 meteor/jam saat aktif di atas pengamat pada 20 Desember.

Hujan meteor yang satu ini juga dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia dari arah timur laut menjelang tengah malam (19 Desember) hingga meredup di arah utara sebelum Matahari terbit (20 Desember).

Ursid – 23 Desember 2022

Hujan meteor Ursid terletak di kosntelasi Ursa Minoris yang aktif sejak 16-25 Desember dengan intensitas maksimum 10 meteor/jam saat berada di atas pengamat pada 23 Desember.

Hujan meteor ini akan tampak leih baik jika diamati dari belahan Bumi utara. Hujan meteor Ursid ini juga dapat disaksikan di wilayah Indonesia dengan intensitas bervariasi 1-3 meteor/jam yang dapat diamati dari arah utara sejak 23 Desember pukul 01.00 waktu setempat hingga menjelang Matahari terbit.(kalderanews.com).