Apa Itu Class Meeting ?

Sekolahnews.com – Setelah selesai mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS) siswa akan diberi sedikit kelonggaran dengan mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dilaksanakan di sekolah. Tahukah kamu bahwa berbagai kegiatan setelah selesai mengikuti ujian biasanya disebut class meeting?

Berbagai kegiatan yang dirangkum dalam class meeting ini diadakan agar siswa bisa sedikit relaks setelah otak diajak bekerja keras mengikuti ujian. Class meeting umumnya dilakukan menjelang liburan sekolah.

Melansir dari laman platform edukasi Kelas Pintar, berikut penjelasan tentang serba-serbi class meeting yang biasa dilakukan sekolah:

Arti dari class meeting

Class meeting atau pertemuan antar kelas atau class meeting adalah kegiatan ekstrakurikuler berupa pertemuan siswa antarkelas dalam bentuk perlombaan atau pertandingan yang seru. 

Selain itu juga bisa mempererat hubungan dan silaturahmi antarsiswa di sekolah Pihak yang mengelola kegiatan class meeting biasanya guru dan pengurus sekolah.

Sedangkan untuk tingkat SMP dan SMA, biasanya kegiatan class meeting diatur oleh pengurus OSIS. Para guru dan anak OSIS akan menyusun setiap perlombaan yang akan diadakan saat class meeting berlangsung.

Agar kegiatan class meeting makin menarik, biasanya juga disediakan berbagai macam hadiah menarik untuk meningkatkan minat dari para siswa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang biasanya dilakukan saat class meeting adalah pertandingan olahraga. Seperti futsal, basket, voli atau badminton. Selain kegiatan olahraga, ada juga kegiatan lainnya yang sifatnya akademis tapi tetap dilakukan dengan cara seru. Seperti lomba puisi dan pidato, perlombaan da’i, mengaji, bahkan lomba menggambar dan melukis.

Agar semua siswa bisa terlibat dalam class meeting, ada juga kegiatan lain seperti lomba paskibra atau lomba kreativitas dan kebersihan kelas.

Contohnya class meeting yang dilakukan di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten, siswa juga mengikuti berbagai aktivitas selama class meeting. Mulai dari jalan sehat, pesta kebun, membawa jajanan tradisional, melakukan permainan tradisional hingga membuat poster. Manfaat dari class meeting Selain untuk relaksasi siswa yang sudah selesai mengikuti ujian, class meeting juga punya manfaat lainnya lho.

Berikut manfaat dari kegiatan class meeting bagi para siswa:

1. Mengisi waktu kosong

Waktu kosong yang dimiliki para siswa setelah mengikuti ujian diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti class meeting. Waktu selama di sekolah tidak akan terbuang sia-sia dan bisa mengikuti kegiatan seru dan menyenangkan selama class meeting.

2. Mencari bakat tersembunyi

Dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama class meeting, akan muncul bakat-bakat tersembunyi dari para siswa. Dari bakat tersembunyi yang dimiliki siswa bisa dikembangkan dan mampu menghasilkan prestasi.

3. Melatih jiwa kompetisi yang sehat

Perlombaan atau pertandingan yang sehat dan sportif bisa menumbuhkan rasa persaingan yang baik antarsiswa. Dengan mengasah rasa persaingan ini, siswa diharapkan bisa saling mendorong untuk bisa tumbuh dan menjadi individu yang lebih baik.

4. Meringankan pikiran Manfaat paling utama dari kegiatan class meeting adalah untuk mengurangi stres yang menumpuk setelah mengikuti ujian. Siswa dapat bersenang-senang sambil berkompetisi untuk mendapatkan hadiah menarik dari sekolah.(kompas.com).