Arti dari Logo SMP di Seragam Sekolah Siswa

Sekolahnews.com – Para siswa pasti familiar dengan logo SMP atau Sekolah Menengah Pertama yang ada di seragam sekolah, baik itu pada bagian saku baju, topi ataupun sabuk sekolah. Pada logo tersebut, tersemat tulisan Organisasi Intra Sekolah (OSIS).

Sebagai informasi, OSIS merupakan salah satu bentuk pembinaan mewujudkan Wawasan Wiyata Mandala. Wawasan Wiyata Mandala adalah pandangan atau tinjauan mengenai lingkungan pendidikan atau pengajaran.

Mengutip laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama, logo SMP dicetuskan pertama kali oleh Idik Sulaiman Nataatmadja pada tahun 1979-1983. Idik merupakan Direktur Pembinaan dan Kesiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jika diperhatikan baik-baik, pada logo SMP tersebut terdapat beragam elemen seperti tangan terbuka, buku terbuka, kunci pas dan lain sebagainya. Lantas, apa arti sebenarnya dari elemen-elemen pada logo tersebut?

Arti dari Elemen-elemen Logo SMP
1. Pelangi merah putih
Seperti yang kita semua ketahui, warna merah dalam bendera berarti berani dan warna putih berarti suci.
Lebih lanjut, warna merah putih yang berbentuk pelangi ini mempunyai nilai folosofis masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan Pancasila.
2. Padi dan pita
Secara detil, dalam logo SMP terdapat tujuh belas gambar padi, delapan buah pita, dan empat kapas serta lima daun kapas. Ini merepresentasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.
3. Bunga bintang
Dalam elemen lima bintang, terdapat lima sudut yang mempunyai nilai-nilai filosofis tersendiri. Masing-masing nilai filosofis tersebut adalah abdi, ajar, aktif, adab, dan amal.
4. Tangan terbuka
Sikap mau tolong-menolong serta bertanggung-jawab adalah makna dari elemen ini.
5. Buku terbuka
Dalam logo SMP, gambar buku terbuka memiliki pesan tentang usaha keras untuk belajar, demi memberikan sumbangsih bagi negara.
6. Kunci pas
Gambar kunci pas yang ada dalam logo SMP berarti adalah hasrat bekerja keras untuk membangun kepercayaan diri, sehingga tidak bersikap ketergantungan dengan orang lain.
7. Biduk
Terakhir, lambang biduk memperlihatkan bahwa siswa Indonesia layaknya perahu yang sedang mengarungi lautan hidup menuju masa depan yang lebih baik yang sejalan dengan cita-cita nasional.

Perbedaan Logo SMP dan SMA
Warna kuning logo SMP yang ada di seragam sekolah memiliki makna kehormatan. Maksudnya, siswa SMP akan melakukan amanah/ kepercayaan dengan baik dan berkontribusi pada tanah air melalui organisasi.

Sedangkan warna coklat yang ada dalam logo Sekolah Menengah Atas (SMA), mempunyai makna kedewasaan dan rela berkorban demi tanah air.

Walaupun makna keduanya sedikit berbeda, logo SMP dan SMA memiliki pesan yang sejalan, yaitu agar siswa Indonesia mampu menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang dan tanah air.(detik.com).