Bintang Paling Terang di Tata Surya

Tata surya merupakan sistem kumpulan benda langit yang terdiri dari bintang yang disebut Matahari dan objek lain yang berkaitan dengannya.

Dari ratusan bintang di langit, ada beberapa bintang yang paling terang. Bintang-bintang ini termasuk dalam bagian tata surya. Setidaknya ada 15 bintang yang bercahaya paling terang di malam hari.

Berikut ini bintang yang memiliki sinar paling terang:

Canopus

Canopus adalah bintang paling terang kedua setelah Sirius. Bintang ini merupakan bintang utama yang berada di konstelasi Carina. Kecerlangan visual Canopus adalah -0,74 dan termasuk dalam kelas spektrum A9II yang menandakan bintang ini tergolong bintang raksasa terang (kelas II) dengan tipe A9. Bintang yang sangat terang ini berjarak 310 tahun cahaya dengan ukuran 71 kali lebih besar dari Matahari.

Alfa Centauri

Bintang ini memiliki sistem bintang ganda dengan masing-masing bagian mengorbit suatu titik tertentu. Bintang ini membutuhkan waktu 80 tahun untuk mengorbit titik tersebut. Kedua bintang ini terpisah sejauh 35,6 hingga 11,2 satuan astronomi. Kedua bintang Alfa Centauri memiliki bentuk mirip seperti matahari karena terletak di deret utama (kelas V) dengan tipe bintang G dan K. Alfa Centauri memiliki jarak 4,4 tahun cahaya dengan ukuran 1,22 dan 0,86 kali matahari.

Capella

Capella adalah bintang paling terang di rasi bintang Auriga. Rasi bintang ini berada di posisi keenam sebagai bintang paling terang di malam hari. Capella tampak seperti objek tunggal di langit. Tapi sebenarnya ini merupakan sistem multi bintang yang terdiri dari dua bintang raksasa kuning yang diberi nama Capella Aa dan Ab.

Vega

Vega merupakan bintang paling terang di rasi Lyra. Bintang ini menempati posisi kelima yang paling terang di langit malam. Bintang Vega dapat terlihat dengan jelas di langit belahan Bumi utara. Jaraknya dari Bumi sekitar 25 tahun cahaya.

Achernar

Nama Achernar diambil dari Bahasa Arah yang artinya ujung atau hilir sungai. Bintang ini terletak di konstelasi Eridaus. Achernar memiliki jarak 139 cahaya dengan ukuran 11,4kali matahari. Bintang ini masuk dalam kelas spektrum B6Vep. Artinya bintang tersebut ada di deret utama (kelas V) dengan tipe bintang variabel BE. Achernar juga bisa berotasi sangat cepat sehingga memiliki bentuk lebih pepat di kutub-kutubnya dengan jari-jari kutub lebih pendek dibandingkan ekuatornya.

Procyon

Procyon adalah bintang paling terang di rasi bintang Canis Minor, Bunda. Procyon menempati urutan kedelapan sebagai bintang paling terang di malam hari. Hanya berjarak 11,4 tahun cahaya, Procyon menjadi salah satu bintang terdekat Matahari. Ukurannya sekitar 1,4 kali lebih besar dari Matahari atau kira-kira dua kali diameternya.