Buku untuk Self Development

Tidak terasa jika pandemi sudah berjalan selama dua tahun lebih. Karena pandemi, kita jadi lebih punya banyak waktu untuk di rumah dan untuk diri sendiri.

Sadar atau tidak, banyak atau sedikit, setiap dari kita pasti merasakan adanya perubahan dalam diri kita masing-masing. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan diri adalah dengan membaca buku. Buku menjadi salah satu langkah kecil untuk membantu mengembangkan diri menjadi lebih positif. Di bawah ini, terdapat daftar deretan buku self improvement terbaik yang mudah dibaca.

1.Berani Tidak Disukai – Ichiro Kisimi & Fumitake Koga

Buku ini memaparkan ajaran dari ahli filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler, tentang bagaimana manusia sebaiknya menjalani hidupnya lewat percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda. Buku ini juga menjawab fenomena di Jepang yaitu mengisolasi diri di kamar atau ansos (anti sosial) hingga bertahun-tahun.

Insecure atau terlalu memikirkan kata orang lain hingga membuat tak percaya diri menjadikan kita tidak bahagia. Buku ini terdiri dari lima bab, dimana tiap babnya belajar memahami bagaimana masing-masing dari kita mampu menentukan arah hidup, bebas dari belenggu trauma masa lalu, dan beban ekspektasi orang lain.

Banyak sekali pelajaran penting dari buku ini. Kamu akan dipandu memahami konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting dari pikiran.

2.The Subtle Art of Not Giving a F*ck (2016): Mark Manson

Calling all overthinker! Menurut Mark Manson, cuek dan masa bodoh merupakan salah satu cara sederhana agar kita bisa mengembalikan ekspektasi dan memilih mana hal yang lebih penting dalam menjalani hidup.

Dibahas dengan bahasa yang sederhana, isi dari buku ini banyak menceritakan kisah nyata sang penulis yang hidupnya sering diterpa oleh badai. Walau demikian, Mark Manson tak berhenti dan justru semakin kuat dalam meraih cita-citanya.

3.How To Win And Influence People – Dale Carnegie

Terkadang kita merasa sulit untuk beradaptasi di lingkungan baru atau bertemu dengan orang baru. Tak jarang, kita merasa overthinking akan pemikiran orang-orang terhadap kita. Padahal, kesan pertama itu penting, lho!

Nah, buku dari Dale Carnegie ini wajib banget kamu baca yang ingin lebih percaya diri ketika berkenalan dengan orang baru. Ini adalah salah satu buku terlaris sepanjang masa yang juga dijadikan referensi bagi buku self-improvement lain, lho.

Buku ini bukan hanya membagikan tips-tips agar kita bisa disukai dengan banyak orang, tetapi juga membagikan cara agar orang lain bisa menerima ide kita tanpa membuat mereka kesal. Dengan buku ini, kamu bisa tampil lebih percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain.

4.The Alchemist (1988): Paulo Coelho

Jika buku-buku sebelumnya merupakan buku nonfiksi, kali ini terdapat buku self improvement yang berbentuk novel.

“The Alchemist” merupakan salah satu buku best-selling yang bertemakan perjalanan seorang penggembala.

Dengan berbagai macam simbol dan analogi yang dituliskan dalam buku ini, pesan yang disampaikan oleh penulis ini ditujukan agar pembacanya terus mencari arti dari kehidupan.

Simbol pencarian Tuhan di dalam cerita dapat diartikan sebagai tujuan hidup dan fulfillment yang harus dicari oleh seseorang dalam hidup.

5.Atomic Habits – James Clear

Pada buku ini, James Clear, seorang pakar kelas dunia ingin menjelaskan bahwa kebiasaan kecil yang biasa kita lakukan bisa menjadi hal yang membawa pengaruh besar pada kehidupan dan keberhasilan kamu nantinya!

Buku ini merupakan salah satu buku self improvement yang akan mengajarkan kamu bagaimana cara membangun kebiasan kecil dan baik serta meninggalkan kebiasaan buruk. Contohnya melakukan kebiasaan baik seperti rutin melakukan push-up sebanyak dua kali sehari hingga bangun lebih pagi. Jadi, yuk mulai ubah rutinitas buruk menjadi rutinitas kecil yang produktif setelah membaca buku ini.

6.Insecurity is My Middle Name – Alvi Syahrin

Setiap orang pastinya pernah mengalami perasaan insecure. Jadi buku ini merupakan buku self improvement sekaligus self healing yang bermanfaat bagi kamu yang mungkin saat ini sedang merasa insecure.

Seperti judulnya, ‘Insecurity is My Middle Name’ akan menjelaskan berbagai pertanyaan mengenai rasa insecure yang ada di kepalamu. Dengan konsep ‘Trying to feel something, trying to be something’, buku ini juga mengajak kita untuk berdamai dengan rasa insecure agar bisa terus bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.