Fakta Menarik Gunung Moran

Gunung Moran adalah gunung paling dramatis di Teton Utara. Dari Jackson Lake Lodge, ini adalah salah satu gunung paling indah di Amerika Utara. Ini merupakan pengalaman pendakian yang unik dan terpencil. Kano digunakan karena tidak ada jalan tetap ke kaki gunung.

Untuk pengalaman pendakian gunung belantara terbaik, pertimbangkan dinding Selatan dramatis Gunung Moran yang dijelaskan dalam “50 Classic Climbs in North America” karya Steve Roper dan Alan Steck. Untuk rute yang tidak curam namun indah ke puncak yang spektakuler ini, rute CMC di Gunung Moran adalah pilihan yang terbaik.

Moran Hill dinamai dari seorang seniman lanskap perbatasan terkenal bernama Thomas Moran, teman dan kolega Dr. Ferdinand D. Hayden, seorang surveyor Barat terkenal di akhir abad ke-19.

Pada 22 Juli 1922, Legrand Hardy, Ben C. Rich, dan Bennet McNulty melakukan pendakian pertama Gunung Moran melalui Skiller Glacier.

Gunung Moran (12.610 kaki (3.840 m)) adalah sebuah gunung di Taman Nasional Grand Teton di Wyoming barat, Amerika Serikat. Gunung ini dinamai dari Thomas Moran, seorang seniman lanskap perbatasan Amerika. Gunung Moran, yang terletak di utara Teton Range, berada 6.000 kaki (1.800 m) di atas permukaan laut dan memiliki beberapa gletser aktif di atas Danau Jackson, dengan Gletser Skiller terlihat jelas di sisi timur yang besar. Seperti Pegunungan Teton Tengah dalam kisaran yang sama, Gunung Moran memiliki intrusi basal yang unik di permukaannya, yang dikenal sebagai Tanggul Hitam.

Moran adalah gunung yang besar dan mengesankan, yang akan membuatnya menarik bagi para pendaki. Namun, metode pendakiannya relatif sulit, sehingga kurang populer dibandingkan Grand Tetons dan puncak gunung lainnya di Selatan. Tidak ada satu pun jejak ke Perbukitan Moran yang terpelihara selama lebih dari dua dekade dan jalur darat mana pun akan membutuhkan lahan semak yang luas melalui vegetasi, pohon mati, serta rawa-rawa di sekitar Danau Leigh. Sebaliknya, kebanyakan pendaki memilih untuk berkayak dari String Lake, melintasi Danau Leigh dan kemudian memilih rute mereka sendiri; tetapi meskipun demikian, beberapa rute darat mungkin harus ditemukan. Akibatnya, kebanyakan orang cenderung mendaki Gunung Moran selama beberapa hari, meskipun bagian teknis pendakiannya relatif singkat.

Legrand Hardy, Bennet McNulty, dan Ben C. Rich dari Chicago Mountaineering Club melakukan pendakian pertama Gunung Moran pada 22 Juli 1922, melalui rute Glacier Skillet. Namun, Gunung Moran masih menawarkan mungkin rute termudah dan paling langsung ke puncak. Seperti namanya, sebagian besar pendakian berlangsung di atas es dan salju yang curam di Gletser Skillet, sehingga membutuhkan penggunaan kapak es dan crampon saat mendaki.

Rute paling populer untuk mendaki Gunung Moran adalah rute CMC, dinamai dari Chicago Mountaineering Club. Peringkat CMC 5.5, naik ke timur selatan Black Wall. CMC memanjat bebatuan yang bagus, pada dasarnya bebas dari salju dan es. CMC juga memiliki keuntungan karena mempunyai kamp yang bagus di sisi gunung.