Film Indonesia Mendapat Tepuk Tangan 4 Menit di Venice Film Festival

Jakarta, 5 September 2022 – Venezia, 3 September sore hari, begitu credit title film muncul ke layar menandai berakhirnya film Autobiography, sontak 1400 orang penonton yang menjejali bioskop Sala Darsena berdiri dan bertepuk tangan gemuruh. Beberapa penonton berteriak “Bravo! Bravo!” Para kru dan aktor tidak dapat menahan rasa haru sambil tak henti-hentinya membungkuk, mengucapkan terima kasih. Standing ovation berlanjut terus. Tepuk tangan seolah tiada henti.

Film produksi KawanKawan Media ‘Autobiography’ telah diputar di Venice International Film Festival 2022. Film arahan sutradara muda Indonesia Makbul Mubarak ini berkompetisi di seksi Orrizonti (Horizons) sebagai satu-satunya film dari Asia Tenggara, bersama film-film lain dari Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Perancis, Iran, dan lain-lain. Dibintangi oleh Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto.

Tim ‘Autobiography’ yang berangkat ke Venice untuk menghadiri penayangan perdana dunia disambut meriah oleh penonton. Penayangan pertama dengan kapasitas 1400 orang pada 3 September bahkan sudah terjual habis sejak tanggal 30 Agustus. Setelah penayangan perdana tim ‘Autobiography’ mendapatkan standing ovation selama 4 menit. Penayangan kedua juga sudah berlangsung pada tanggal 4 September di Palabiennale, bioskop terbesar yang dimiliki Venice Film Festival dengan kapasitas hampir 2000 orang.
Setelah penayangan perdana di 3 September itu, media-media dunia spontan menumpahkan pujian dalam ulasan mereka. Media hiburan terkemuka Amerika Serikat Deadline Hollywood menulis, “Terrific… A genuine discovery… Mubarak’s rich, impressive film leaves a very strong aftertaste”. Asian Movie Pulse mengatakan, “Autobiography is a great debut for Mubarak, equally artful, well-shot, and contextually rich, and one of the best films we have seen this year so far”. Filmuforia memberikan bintang empat, “Indonesian director writer Makbul Mubarak seals his reputation as a rising talent with a mature and cleverly-crafted feature.”. Beberapa media lain bahkan memberikan rating penuh: 5 dari 5 bintang.

Setelah Venice, Film ‘Autobiography’ terpilih masuk di Toronto International Film Festival 2022 di seksi World Contemporary Cinema dan berkompetisi untuk mendapatkan NETPAC Award. Toronto International Film Festival 2022 akan berlangsung pada 8 September – 18 September. Lalu, perjalanan berlanjut dengan penayangan perdana Britania Raya di BFI London Film Festival yang berlangsung 5 – 16 Oktober.