Fungsi Penting Tutup Pentil pada Velg Kendaraan

Berukuran kecil dan kerap tidak diperhatikan membuat banyak pengendara motor atau mobil tidak memperhatikan peran penting tutup pentil. Namun, meski berukuran kecil dan kerap tak terlihat, tutup pentil memiliki peran yang sangat penting.

Dalam situs Wahana Honda, dijelaskan tutup pentil atau valve cap memiliki fungsi yang sangat penting, sebagai perlindungan bagian dalam dari lubang angin pada ban motor ataupun mobil.

Karena di dalam pentil ban terdapat beberapa komponen kecil yaitu seal berbahan karet, penonjok, dan per. Komponen tersebut akan mampu melindungi ban tidak kemasukan air, debu, hingga batu.

Selanjutnya yang tidak kalah penting, jika tutup pentil tidak terpasang, maka kemungkinan udara bisa keluar secara tiba-tiba karena penonjok (atau bagian tengah pada pentil untuk mengurangi udara) terkena yang membuat ada tekanan dari luar.

Wahana Honda menyatakan, intinya dengan adanya valve cap alias tutup pentil ban bikin komponen di dalam pentil ban tetap terjaga. Sehingga saat valve cap ini hilang disarankan agar jangan didiamkan.

Lebih baik beli yang baru demi menjaga keamanan ban, terlebih harga yang ditawarkan untuk satu tutup pentil bisa dikatakan sangat terjangkau.

(Haluan)