Ian Millar, Atlet Paling Sering Tampil di Olimpiade

Sekolahnews.com – Bagi seorang atlet, tampil di Olimpiade menjadi impian tersendiri. Lalu, bagaimana rasanya mendapat kesempatan berkompetisi dalam 10 edisi berbeda?

Hingga saat ini, pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab oleh atlet berkuda asal Kanada, Ian Millar (73 tahun).

Olimpiade perdana Ian Millar terjadi pada 1972 di Munich, Jerman, saat dirinya masih berusia 25 tahun. Sedangkan Olimpiade London 2012 menjadi pengalaman terakhirnya.

Dari periode 1972-2012, Ian Millar hanya absen pada Olimpiade 1980 yang digelar di Moskow, Rusia (saat itu masih Uni Soviet).

Millar tak bisa beraksi karena Kanada, dan sejumlah negara lain, memboikot Olimpiade 1980 sebagai bentuk protes atas invasi Uni Soviet ke Afghanistan.

Rekor yang ditoreh oleh lelaki berusia 73 tahun ini, melewati rekor sebelumnya yang dibuat atlet layar asal Austria, Hubert Raudaschl, yang tampil di sembilan Olimpiade dari 1964 hingga 1996.

Kembali ke karier Ian Millar. Atlet berkuda yang memiliki spesialisasi pada nomor show jumping itu sejatinya punya kans menambah rekor jika mengikuti Olimpiade Rio 2016.

Akan tetapi, peluang sosok berjuluk Captain Canada ini tertutup setelah kuda andalannya saat itu, Dixson, harus menjalani operasi sinus jelang Olimpiade bergulir.

Sedangkan kuda andalan Millar lainnya yang bernama Teddy B harus terlebih dahulu membuktikan diri dalam proses seleksi internal yang dilakukan Kanada.

Singkat cerita, Millar tak memenuhi syarat untuk tampil pada Olimpiade Rio 2016. Alhasil, ia gagal menjalani Olimpiade ke-11 sepanjang kariernya sebagai seorang atlet.

Meski begitu, Ian Millar dalam sebuah wawancara untuk CBC sempat mengungkapkan tekadnya untuk kembali tampil pada Olimpiade Tokyo 2020.

“Jika saya gagal (tampil pada Olimpiade 2016), saya akan tampil pada kesempatan berikutnya (Olimpiade 2020),” kata Ian Millar.

Kenapa Millar masih bisa berkompetisi di Olimpiade di usia yang termasuk lanjut ini? Alasan utamanya adalah ia tetap merasa semakin baik.

“Putra dan putri saya memiliki kans tampil di Olimpiade 2016. Jadi saya tetap akan pergi (ke Brasil) entah sebagai pelatih atau ayah, bisa juga menjadi komentator,” Millar berkelakar.

Seiring dengan berjalannya waktu, tekad Millar untuk tampil pada Olimpiade Tokyo 2020 tampaknya mulai memudar.

Apalagi Ian Millar telah memutuskan pensiun sebagai atlet berkuda profesional pada 1 Mei 2019.

“Mewakili Kanada pada berbagai kesempatan menjadi kehormatan terbesar dalam karier saya,” ucap Miller saat itu.

“Momen mengenakan jaket merah (tim Kanada) selalu menjadi saat yang sangat istimewa bagi saya,” Millar menuturkan.

Selama 10 penampilannya pada ajang Olimpiade, Ian Millar tercatat hanya sekali meraih medali.

Medali tersebut didapatkan Millar kala memperkuat Kanada tampil pada nomor team jumping cabang olahraga berkuda Olimpiade Beijing 2008.

Ian Millar, yang saat itu menunggangi kuda bernama In Style, mendapat medali perak setelah mengantar Kanada menjadi tim terbaik kedua di bawah Amerika Serikat.