Inilah Juara Kompetisi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Nasional 2021

Sekolahnews.com – Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Gemastik) Tingkat Nasional resmi berakhir. Kompetisi ini diikuti 230 tim dari 67 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Kompetisi ini melombakan 11 kategori lomba, yaitu pemrograman (Programming), keamanan siber (Cyber Security), penambangan data (Data Mining), desain pengalaman pengguna (UX Design), animasi (Animation), kota cerdas (Smart City), dan karya tulis ilmiah tik (ICT Scientific Paper).

Selain itu, digelar pula kompetisi pengembangan perangkat lunak (Software Development), piranti cerdas, sistem benam & IoT (Smart Device, Embedded System & iot), pengembangan aplikasi permainan (Game Development), Ekshibisi E-Sport dan Poster (kategori tambahan di tahap final).

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendibud Ristek, Prof. Nizam mengatakan, program Gemastik merupakan satu festival yang sangat penting untuk mengakselerasi dan memotivasi mahasiswa untuk semakin mencintai dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi.

“Berbagai kreativitas kita lihat, saya sangat bangga dengan karya adik-adik. Saya ucapkan selamat, sukses untuk para pemenang,” ungkap Dirjen Dikti Prof. Nizam.

Dan inilah 10 kampus terbaik di ajang Gemastik 2021:

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (2 emas, 2 perak, 5 perunggu, 4 honorable)
  2. Institut Teknologi Bandung (2 emas, 2 perunggu)
  3. Universitas Telkom (1 emas, 2 perak, 1 perunggu, 1 honorable)
  4. Universitas Bina Nusantara (1 emas, 2 honorable)
  5. Universitas Pelita Harapan (1 emas)
  6. Institut Teknologi Telkom Purwokerto (1 emas)
  7. Universitas Lambung Mangkurat (1 emas)
  8. Universitas Syiah Kuala (1 emas)
  9. Universitas Mataram (1 emas)
  10. Universitas Indonesia (2 perak, 3 honorable)

(Sumber:kalderanews.com).