Jangan Lupa, Sebentar Lagi Hari Santri Nasional Lho

SekolahNews – Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019 kali ini mengambil tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Santri berpotensi menjadi juru damai. Tradisi pesantren dan santri menjadi kekuatan santri untuk memaksimalkan perannya dalam konteks perdamaian dunia.

Tema perdamaian merupakan salah satu respon atas terpilihnya Indonesia sebagai salah satu anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB tahun 2019-2020 bersama 4 negara lainnya yakni, Jerman, Republik Dominika, Belgia, dan Afrika Selatan.

Umat Islam Indonesia adalah populasi muslim terbesar di dunia. Entitas ini memiliki andil besar dan terus berperan aktif dalam menyokong cita-cita perdamaian global yang tidak menghendaki adanya diskriminasi, ketidakadilan, terorisme, invasi, kolonialisme, dan lain-lain.

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Penetapan Hari Santri Nasional adalah menghormati semangat jihad kepada para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama. Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Sekutu ini maksudnya adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentaran Inggris, rupanya ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Leave a Reply

Your email address will not be published.