Jenis Makanan yang Buruk buat Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang bertugas menyeimbangkan cairan, elektrolit dan zat larut guna menyaring air dan membuang darah kita serta membuat sekitar 1.500 mililiter urine setiap hari. Ginjal memiliki banyak kekuatan namun juga rentan terhadap kerusakan, termasuk dari apa yang kita makan.

Berikut makanan utama yang harus dihindari untuk melindungi ginjal, dilansir laman Eat This Not That.

Kentang goreng
Kentang goreng, keripik kentang, atau panekuk kentang tak baik untuk ginjal. Makanan yang digoreng sebaiknya dihindari guna melindungi jantung dan ginjal. Kentang juga tinggi potasium, yang merupakan mineral yang biasanya disarankan untuk diwaspadai jika ginjal terganggu.

Daging olahan
Daging yang sudah diproses, seperti hot dog, daging deli, sosis, dan daging burger merupakan ancaman ganda bagi kesehatan ginjal, kemungkinan besar mengandung sodium dan protein hewani yang tinggi.

Sup
Sup termasuk sarat garam, bahkan buatan sendiri, karena akan menggunakan kaldu daging sapi, ayam, atau sayuran yang mengandung lebih dari 800 miligram sodium per mangkuk. Anda bisa mencoba membuat sup dari sayuran dan rempah-rempah yang bebas natrium.

Pizza beku
Pizza beku mengandung natrium melebihi rekomendasi lemak jenuh. Pizza biasa dari restoran juga tak jauh lebih baik tapi setidaknya bisa memiliki beberapa kualitas nutrisi jika bisa menyesuaikan pesanan.

Kecap asin
Kecap merupakan saus natrium tertinggi yang tersedia di toko. Produk ini memiliki 950 miligram sodium per satu sendok makan, hampir 50 persen dari nilai harian. Kecap digunakan untuk memberikan rasa umami atau gurih. Cobalah mengganti kecap dengan bahan rendah sodium seperti pasta tomat, ragi nutrisi, jamur, atau cuka rasa.