Jurusan D3 dengan Peluang Kerjanya yang Menjanjikan

Sekolahnews.com – Tidak hanya sarjana, program kuliah D3 juga dapat menjadi pilihan studi bagi siswa untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Program D3 ini lebih mengarahkan mahasiswanya untuk mempersiapkan diri dalam dunia kerja.
Untuk itu, siswa yang hendak melanjutkan pilihan studi ke jenjang D3 juga perlu memperkaya informasi dengan memahami jurusan tujuan dan prospek kerjanya masing-masing.

Mengutip dari masing-masing laman kampus yang membuka program D3, berikut sejumlah jurusan D3 lengkap dengan beragam peluang kerjanya.


1. D3 Informatika
Mengutip laman Maseom University, jurusan D3 Informatika cenderung mempelajari penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi. Terutama menggunakan teknologi komputer.

Meski tiap perguruan tinggi mungkin menawarkan mata kuliah yang berbeda-beda, namun pada intinya mahasiswa D3 Informatika akan dibekali ilmu dari berbagai fungsi logika, pemrograman bahasa sederhana sampai tingkat tinggi, metode numerik, teknik komputasi, jaringan komputer, dan lainnya yang berhubungan dengan hardware maupun software komputer.

Untuk itu, prospek karier dari lulusan D3 Informatika dapat bekerja di bagian Full Stack Developer, Programmer, hingga Front End Developer. Profesi full stack developer biasanya ditugaskan dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk database, server, sistem engineering, maupun bagian dari sisi client.

Untuk programmer, nantinya bertanggung jawab dalam membuat program dalam bentuk desktop programming, web programming, atau pun mobile programming. Sementara itu, front end developer adalah seorang programmer yang bertugas untuk mengerjakan program yang langsung dilihat oleh pengguna.

2. D3 Akuntansi
Akuntansi merupakan salah satu bidang yang selalu dibutuhkan dalam berjalannya suatu perusahaan atau instansi. Pasalnya, mahasiswa Akuntansi mempelajari tentang keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, hingga akuntansi manajerial.

Penggunaan data akuntansi juga dapat digunakan sebagai sumber untuk menentukan keputusan perusahaan. Terlebih, menurut laman Universitas BSI, D3 akuntansi juga ada yang mempelajari tentang perpajakan, audit, dan pelaporan keuangan.

Mengingat pentingnya peran akuntansi di berbagai bidang industri, lulusan D3 Akuntansi memiliki peluang karir yang cukup luas sebagai teknisi akuntansi perusahaan di berbagai sektor industri baik jasa, ritel, manufaktur maupun di instansi pemerintah.

Selain itu, lulusan juga dapat berkarir sebagai teknisi akuntansi di bidang pengauditan, perpajakan, serta sebagai pelaku usaha (entrepreneur). Prospek karir lulusan D3 Akuntansi selengkapnya di antaranya:

Accounting officer atau staf akuntansi
Tax Officer atau staf pajak
Account Officer (A/R, A/P, dll) atau staf akun tertentu
Budgeting Officer atau staf anggaran
Junior, Senior Auditor, atau anggota pemeriksa (teknis)
Database Administrator
ERP Administrator


3. D3 Broadcasting
Di beberapa perguruan tinggi, D3 Broadcasting masuk dalam ranah Ilmu Komunikasi. Namun, ada pula sejumlah kampus yang membuka jurusan Broadcasting agar yang dipelajari lebih spesifik.

Mahasiswa dari D3 Broadcasting dituntut untuk mempelajari tentang teori dan praktik untuk menciptakan program yang akan disiarkan pada media massa seperti televisi, radio, ataupun media sosial. Penyiaran memiliki beberapa fungsi mulai dari penyampaian informasi hingga hiburan.

Selain itu, dikenalkan pula beberapa ilmu dan keahlian seperti kreativitas, teori dan keterampilan komunikasi secara umum, kemampuan riset dan observasi, kemampuan teknis di bidang broadcasting dan kemampuan bekerja tim. Adapun peluang kerja dari D3 Broadcasting di antaranya yakni:

Kameramen TV
Editor
Sutradara
Script Writer
Floor Director
Audioman
Jurnalis TV
Lighting Director
Art Director
Switcher
Animator
TV Graphic Designer

(detik.com).