Kompetisi Berlayar Dunia

Sekolahnews – Semakin banyak orang memiliki kesempatan mencoba olahraga berlayar yang dapat memacu adrenalin. Usai latihan, mereka tidak bisa menahan keinginan untuk segera bertanding. Yuk, lihat kompetisi berlayar yang berbeda di seluruh dunia ini.

1. CLipper Yacht Race

Clipper Round the World Yacht Race adalah “acara pelayaran paling berpengaruh di dunia” dan “penjelajahan amatir terbesar di dunia”, dengan tiga pelayaran sejak dimulai oleh Sir Robin Knox-Johnston pada tahun 1996.

Clipper Round the World Yacht Race dengan jarak tempuh 15.000 mil laut telah menjadi salah satu acara berlayar keliling dunia paling terkenal di dunia (setara dengan 57 balapan FASTNET atau gabungan 55 balapan Sydney-Hobart).

2. Balapan Laut Volvo

Di selenggarakan pada tahun 1973, dan telah menjadi perlombaan layar keliling dunia tingkat tertinggi di dunia, yang dikenal sebagai Everestnya dunia pelayaran. Dalam ajang lintas laut dengan tingkat persaingan tertinggi ini, armada tidak hanya harus menghadapi ujian lingkungan laut yang keras, tetapi juga harus selalu fokus untuk bersaing dengan pesaing terdekat di sekitarnya.

3. Piala Amerika

Berasal dari 22 Agustus 1851, itu adalah acara pelayaran paling berpengaruh dan bergengsi saat ini. Bersama dengan F1, Piala Dunia, dan Pertandingan Olimpiade, ini dikenal sebagai empat acara olahraga tradisional paling berpengaruh di dunia dan menarik para pelaut top dunia untuk mengikutinya. Ini mewakili tingkat persaingan tertinggi dan konsep desain berlayar paling menakjubkan.

4. Vendee Globe

Di selenggarakan pada tahun 1989 dan telah diadakan setiap empat tahun sejak tahun 1992. Lingkungan laut yang rumit dan berubah-ubah dan berlayar selama sekitar 3 bulan tanpa bantuan. Anda dapat membayangkan betapa kerasnya mental para kontestan dan itulah yang membuatnya begitu menarik.

5.Sydney Hobart

Diadakan sejak 1945, perlombaan dimulai dari Sydney pada 26 Desember setiap tahunnya dan berakhir di Hobart, Tasmania, dengan jarak tempuh sekitar 630 mil laut. Meskipun diadakan selama musim panas setempat, ‘buster selatan’ yang terkenal akan menguji armada dengan angin kencang dan suhu dingin yang parah, di samping itu juga ada rintangan-rintangan lain seperti bebatuan besar yang mungkin akan di temui di lautan.

Setiap tahun, banyak tim yang tidak bisa meneruskan perlombaan karena kerasnya medan yang di tempuh. Maka bisa di sebut ini adalah lomba berlayar terberat di dunia.

6. Balapan cepat

Kompetisi pertama diadakan pada tahun 1925, berlayar di sepanjang pantai selatan Inggris ke Irlandia selatan, dengan total jangkauan sekitar 603 mil laut. Kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi selalu memainkan peran kunci dalam balapan, dari badai hingga kondisi laut tenang. Seperti Sydney Hobart, ini dianggap sebagai salah satu ajang pelayaran terberat di dunia karena iklim dan bahayanya yang komplek.

7. Minggu Cowes

Berasal dari tahun 1826, ini merupakan salah satu acara olahraga tertua dan paling sukses di Inggris, dengan 40 pertandingan sehari, lebih dari 1.000 perahu, 8.500 pelari dan 100.000 penonton. Tidak ada keraguan bahwa pertandingan ini adalah salah satu lomba layar terbesar di dunia dan dengan angka-angka, serta sejarahnya yang panjang, tidak ada keraguan bahwa pertandingan berlayar ini masuk dalam sepuluh besar lomba layar di dunia.

8. Seri Berlayar Ekstrim

Didirikan pada tahun 2007, ini adalah acara termuda pada peringkat ini. Pada tahun 2010, menjadi salah satu acara dari empat acara khusus yang disetujui oleh International Sailing Federation, yang setenar Volvo Ocean Race, America’s Cup dan World Sailing Tournament. Bentuk formasi dari Extreme 40 Regatta merupakan rangkaian balapan lapangan di gardu induk.

Kompetisinya menggunakan perairan kompetisi di dekat area pantai. Setiap sesinya dapat menarik perhatian pelayar profesional top dunia untuk berpartisipasi. Pertandingan yang mendebarkan dan penuh konfrontasi membuat daya saing di antara pelayar cukup tinggi.