Lembah Paling Menakjubkan

Wisata alam memang paling tepat untuk melepas segala stres. Lembah bisa jadi salah satu pilihan.

Alam seolah tak berhenti memberikan kejutan bagi para manusia. Mulai dari sumber dayanya yang tiada habisnya hingga pemandangan yang menyejukan mata. Berbicara mengenai pemandangan alam, di dunia sendiri ada beberapa lembah tempat yang dinobatkan sebagai tempat yang tergolong indah dan menakjubkan.

Berikut deretan lembah dengan pemandangan tercantik di dunia yang perlu kamu ketahui:

• Jiuzhaigou – China
Jiuzhaigou yang berarti ‘lembah sembilan desa’ merupakan salah satu harta alam yang dimiliki China. Letaknya di bagian utara provinsi Sichuan. Kawasan ini dilindungi sebagai taman nasional dan menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1992. Air terjun, danau-danau tercantik, dan pegunungan karst yang menakjubkan merupakan ciri khas wilayah seluas 72.000 hektar ini. Jutaan turis mengunjungi lembah ini pada musim gugur, umumnya di akhir bulan September sampai November.

• Ngarai Todra Gorge, Maroko
Lembah Todra adalah serangkaian ngarai sungai batu kapur di bagian timur Pegunungan Atlasdi dekat Kota Tinerhir, Maroko. Ngarai ini mempunya sisi tebing yang dalam pada ketinggian 400 meter yang berbentuk seperti perbukitan.

• Grand Canyon, Amerika Serikat
Grand Canyon atau dalam bahasa Indonesia berarti Ngarai Besar adalah sebuah lembah dengan tebing terjal yang terbentuk oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Lembah ini merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Grand Canyon.

• Lembah Kalalau – Hawaii
Lembah yang indah ini terletak di pulau Kaua’i. Merupakan rumah bagi salah satu pantai terindah yang ada di Hawaii, yaitu Pantai Kalalau. Kalau lembah lain menawarkan pemandangan pegunungan, hutan, dan sungai, Kalalau justru berhadapan langsung dengan laut lepas. Walaupun berdekatan dengan pantai, Kalalau juga memiliki bukit dan ngarai berselimut tumbuhan hijau. Cara terbaik untuk menjelajahi lembah ini adalah dengan trekking.

• Valley of Ten Peaks – Kanada
Salah satu lembah terindah di dunia adalah Valley of Ten Peaks yang terletak di dalam taman nasional milik Kanada. Tepatnya di Taman Nasional Banff yang ada di Alberta. Kawasan tersebut dikelilingi perbukitan indah dan dimahkotai sepuluh puncak berselimut salju. Di sana mengalir pula Danau Moraine yang memiliki air berwarna biru permai. Juga sebuah gletser yang tak kalah indah. Valley of Ten Peaks merupakan lokasi wisata yang populer untuk mendaki, berkemah, dan fotografi. Saat musim dingin Danau Moraine membeku dan menjadi tempat yang ideal untuk olahraga ski.

• Lauterbrunnen – Swiss
Lauterbrunnen berarti ‘banyak mata air’. Nama tersebut diberikan karena banyaknya air terjun yang mengaliri lembah tersebut. Dilaporkan situs Amusing Planet, total ada 72 air terjun yang ‘berumah’ di Lauterbrunnen.Beberapa di antaranya ada yang setinggi ratusan meter. Lauterbrunnen berjarak sekitar 70 kilometer dari Bern, ibukota Swiss. Lauterbrunnen dikelilingi tebing kapur yang menjadi bagian dari gunung Eiger, Monch, dan Jungfrau. Konon lembah ini merupakan salah satu inspirasi J.R.R. Tolkien, penulis trilogi The Lord of The Rings dan The Hobbit saat menciptakan Rivendell, daerah kekuasaan Elrond yang dihiasi puluhan air terjun.

• Ngarai Sianok, Indonesia
Salah satu lembah yang paling indah di dunia, ternyata ada di Indonesia loh. Lembah yang dinobatkan memiliki pemandangan terindah adalah Ngarai Sianok. Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Lembah ini berbentuk memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ke utara.