Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres) 2020

Sekolahnews.com – Kementerian Agama mengumumkan pemenang lomba Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres) 2020, Jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Myres adalah kompetisi yang digelar Kemenag untuk menumbuhkan budaya meneliti di kalangan siswa madrasah. Selain itu, Myres bertujuan mengembangkan potensi intelektual siswa madrasah, sekaligus mendorong pencapaian hasil penelitian mereka yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.

Ajang ini kali pertama digelar tahun 2018. Saat itu, proposal yang masuk hanya 666 naskah. Tahun 2019, jumlahnya meningkat menjadi 1.018 proposal, 215 MTs dan 803 MA. Tahun 2020 naik signifikan, 2.140 MTs dan 3.460 MA.

Baca juga: Siswa Madrasah Raih Juara di Kompetisi Astronomi Astrofisika Internasional

Untuk lomba tahun 2020 ini, Myres 2020 menerima 5.600 proposal yang didaftarkan. Dari jumlah itu, Dewan Juri melakukan penilaian hingga ditetapkan 300 proposal yang lolos tahap presentasi.

“Ada lonjakan pendaftar yang signifikan pada Myres 2020, mencapai 5.600 pendaftar,” jelas Umar di Jakarta, seperti yang dilansir dari kompas.com.

Penelitian di bidang Ilmu Keagamaan, lanjut Umar, difokuskan pada riset tentang pemikiran, sikap, prilaku, pranata/tradisi keagamaan dan pengajaran Islam. Bidang ini antara lain penelitian tentang Al-Quran, Hadits, Tafsir, Fiqih, Ilmu Kalam, Sejarah Kebudayaan Islam, integrasi keilmuan Islam, dan lainnya.

Untuk Ilmu Sosial dan Humaniora, penelitian yang dilakukan terkait kajian fundamental dan/atau terapan berkenaan ilmu-ilmu sosial dan humaniora, baik ekonomi, sosiologi, antropologi, psikologi, seni budaya, bahasa dan sastra, sejarah, geografi, pendidikan, dan lainnya.

Adapun untuk bidang Ilmu Matematika, Sains, dan Pengembangan Teknologi, penelitiannya tentang kemampuan menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan ilmu matematika, eksplorasi alam semesta, modifikasi, inovasi dan teknologi, atau aplikasi dari ilmu pengetahuan alam untuk menemukan solusi dalam memenuhi kebutuhan manusia.

36 pemenang Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres) 2020 telah diumumkan oleh Kementerian Agama melalui Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No 6781 tahun 2020.

Baca juga: 158 Madrasah Vokasi Disiapkan Kemenag

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar menegaskan ke-36 pemenang Myres 2020 terdiri atas 18 pemenang jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 18 juara pada jenjang Madrasah Aliyah (MA).

Masing-masing jenjang terbagi dalam tiga kategori lomba yakni Bidang Sains, Matematika, dan Pengembangan Teknologi, Bidang Sosial dan Humaniora dan Bidang Keagamaan.

Untuk mengetahui siapa saja pemenang dalam lomba ini, maka bisa didownload di www.madrasah.kemenag.go.id.