Masih Bingung Menentukan Jurusan Kuliah? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut

SekolahNews — Semua orang pernah mengalaminya. Kebingungan menentukan pilihan, apalagi pilihan untuk menentukan jurusan kuliah, kadang sangat-sangat menyita pikiran.

Sebelum memutuskan jurusan yang mau diambil, coba pertimbangkan hal-hal berikut, dikutip laman blog.ruangguru.com:

Baca juga: 9 Sekolah Ikatan Dinas, Setelah Lulus Langsung Kerja

1. Tuliskan Minat dan Pekerjaan

Ambil secarik kertas, bentuk kolom minat dan pekerjaan, Isi kolom minat dengan aktivitas yang kamu senangi. sedangkan kolom pekerjaan isi dengan pekerjaan yang bisa berkaitan dengan minatmu di kolom pertama.

Contohnya:
Jika kamu suka komputer maka kamu tulis di kolom minat “Saya suka komputer” dan dikolom pekerjaan tuliskan pekerjaan apa yang ingin kamu dapatkan dengan komputer. Apakah itu programmer, guru komputer dan sebagainya.

2. Pikirkan Biaya

Ada baiknya kamu browsing dan ketahui berapa budget yang harus dikeluarkan persemester jika kuliah di Universitas tersebut beserta dengan beban biaya hidup lainnya seperti kos-kosan makan dan lain sebagainya.

Info tentang beasiswa bisa juga kamu jadikan pilihan untuk meringankan biaya kuliah nantinya.

3. Lihat Prospeknya

Tentu saja kamu harus melihat prospek pekerjaan yang disediakan oleh jurusan tersebut. Apakah dalam 4-5 tahun kedepan itu akan menjanjikan untuk masa depanmu.

Baca juga: Pilih Jurusan IPA Atau IPS?

4. Komitmen

Jika sudah memilih satu jurusan kamu harus memiliki komitmen dengan pilihanmu. Teguhkan hati, jangan terbawa dengan pilihan teman semata, atau karena trend yang ada di lingkunganmu.

5. Persiapkan Plan A B

Persiapkan juga alternatif jurusan lain seandainya kamu gagal lolos ujian di Perguruan Tinggi Negeri. tapi jika kamu sudah mantap dengan pilihanmu tersebut.

Maka jalan lainnya tentu saja dengan masuk ke Perguruan Tinggi Swasta. tentu saja dengan mempertimbangkan kembali budget dan lain sebagainya.