Mozilla Firefox Akuisisi Fakespot, Bye Review Bodong!

Mozilla Firefox (Foto: WIRED)
Dok. WIRED

Sekolahnews – Mozilla mengumumkan akuisisi Fakespot secara resmi. Fakespot sendiri merupakan extension untuk website dan browser yang bisa mengidentifikasi mana review palsu dan review yang asli. Namun, nilai dari akuisisi ini dirahasiakan dari publik.

“Fakespot akan terus bekerja dengan browser web besar dan perangkat mobile, dan tim Mozilla akan berinvestasi untuk mengembangkan pengalaman menjajal Fakespot bagi banyak pengguna setianya,” ungkap Chief Product Officer Mozilla, Steve Teixeira.

Cara kerja Fakespot

Fakespot sebenarnya merupakan startup yang dibentuk pada 2016 lalu. Cara kerjanya menggunakan AI dan sistem pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi pola atau kesamaan antara review satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, calon pembeli dapat lebih berhati-hati sebelum membayar sebuah produk dan tidak terkecoh oleh review palsu.

Tujuan dari berdirinya Fakespot sendiri agar pembeli dapat dengan cepat menandai review palsu yang bisa menaikkan ranking dan reputasi suatu produk di marketplace ataupun mesin pencarian.

Steve Teixeira menambahkan bahwa akuisisi Fakespot oleh Mozilla memungkinkan adanya fitur-fitur baru dan pemutakhiran di masa mendatang.

“Akan ada pula integrasi Fakespot ke depannya yang unik di Firefox. Kapabilitas Fakespot akan membekali pengguna Firefox untuk memilah review yang menipu dan berbelanja dengan percaya diri karena tahu produk yang mereka beli berkualitas tinggi dan autentik.”

Sebagai informasi, AI memang sudah digunakan untuk mendeteksi review palsu. Namun, kemampuan AI dinilai belum bisa maksimal seiring dengan kemajuan perangkat AI lainnya yang juga digunakan secara bebas.

Misalnya saja, belakangan penggunaan chatbot untuk menulis review produk di situs jual-beli seperti Amzon semakin marak. Keberadaan ChatGPT juga ditengarai bisa jadi cikal bakal penyumbang banyaknya review bodong.