Negara Dengan Durasi Puasa Ramadhan Terpanjang dan Terpendek Tahun 2023

Beberapa negara dengan durasi puasa ramadhan terpanjang dan terpendek.

Sekolahnews – Ada lebih dari 1,9 miliar muslim di seluruh dunia yang melaksanakan puasa Ramadhan. Uniknya, jam puasa bisa berbeda-beda tergantung pada letak geografis di mana orang yang berpuasa tinggal. Secara umum jam puasa akan berkisar antara 10 hingga 18 jam. Namun, negara-negara yang jaraknya lebih dekat dengan khatulistiwa akan memiliki durasi puasa yang relatif lebih pendek. Sedangkan negara yang jaraknya jauh dari khatulistwa akan mengalami periode puasa yang lebih Panjang. Dikutip dari laman Al Arabiya, berikut ini beberapa negara dengan durasi puasa Ramadhan terpanjang dan terpendek di tahun 2023.

Puasa Terpendek Tahun 2023

Tahun ini, negara yang tercatat menghadapi jam puasa terpendek adalah Chili. Umat islam di Chili akan berpuasa Ramadhan kira-kira selama 11 jam 30 menit. Selain Chili, ada pula berbagai negara di belahan bumi selatan yang mengahadapi puasa terpendek, yaitu sekitar 11 hingga 12 jam sehari. Negara-negara tersebut adalah Selandia Baru, Argentina, dan Afrika Selatan. Selain beberapa negara tersebut, ada pula beberapa negara lain yang menjalankan puasa terpendek seperti dalam daftar berikut ini:

  1. Christchurch, Selandia Baru selama 12 jam.
  2. Jakarta, Indonesia selama 13 jam.
  3. Nairobi, Kenya selama 13 jam.
  4. Karachi, Pakistan selama 13-14 jam.
  5. New Delhi, India selama 13-14 jam.

Puasa Terpanjang Tahun 2023

Tahun ini yang akan melaksanakan puasa dengan jam puasa terpanjang adalah kota Reykjavik di Islandia. Mereka yang melaksanakan puasa Ramadhan di kota ini akan berpuasa sekitar 18 jam dalam sehari. Selain Islandia, ada juga beberapa negara dengan jam puasa terlama, seperti di bawah ini:

  1. Reykjavik, Islandia selama 18 jam.
  2. Nuuk, Greenland selama 18 jam.
  3. Helsinki, Finlandia selama 17 jam.
  4. Glasgow, Skotlandia selama 17 jam.
  5. Ottawa, Kanada selama 17 jam.
  6. London, Inggris selama 17 jam.
  7. Paris, Prancis selama 16-17 jam.
  8. Zurich, Swiss, selama 15 jam.
  9. Roma, Italia selama 15 jam.
  10. Madrid, Spanyol selama 15 jam.