Pemerintah Jepang Akan Menawarkan Vaksin COVID-19 Secara Gratis Sepada Seluruh Warganya

Tokyo, 3 Oktober 2020 – Pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk menawarkan vaksinasi COVID-19 massal secara gratis kepada semua penduduk untuk membatasi jumlah kematian di negara itu, menurut pernyataan dari sumber yang terpercaya Rabu (30/9) lalu.

Pemerintah mengoleskan usaha untuk sebanyak mungkin orang bisa menerima vaksin karena virus tersebut berpotensi mudah menular dan berisiko tinggi menyebabkan gejala parah kepada orang yang terinfeksi, kata sumber tersebut.

Pekan lalu, Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan pemerintah ingin mengamankan suplai vaksin untuk semua warga pada paruh pertama 2021 sebagai bagian dari serangkaian tindakan melawan virus yang menyebabkan gejala pernapasan.

Saat ini, pemerintah sedang membahas rencana untuk memprioritaskan pekerja medis, orang tua dan orang yang memiliki penyakit gejala tersebut. Pemerintah kota akan bertanggung jawab menawarkan vaksinasi, kata sumber tersebut.

Pemerintah sedang mempertimbangkan agar pembelian vaksin dibiayai dengan cadangan dari anggaran negara hingga Maret 2021.

Menteri Kesehatan Katsunobu Kato mengatakan pada Rabu lalu bahwa pemerintah telah membahas perancangan sistem yang diperlukan untuk mengelola distribusi vaksin.

Tetapi menurut panel yang dihadiri para ahli kesehatan pemerintah mengatakan para produsen akan kesulitan mengembangkan vaksin yang efektif. “Tidak ada jaminan bahwa vaksin yang ideal akan dibuat dalam hal keamanan dan efektivitas.” menurut salah satu ahli tersebut.

Pemerintah juga diharapkan bisa memutuskan bagaimana mencakup biaya kompensasi yang mungkin dihadapi produsen vaksin jika masalah kesehatan terjadi sebelum vaksin didistribusikan secara massal.

(sumber: Mainichi Japan)