Peringati Hari Ozon Sedunia, Sekolah Tarakanita Tanam Pohon di Taman Sambas

Sekolahnews.com – Mengapa perlu adanya peringatan hari ozon sedunia sesuai dengan tanggal penandatanganan Protokol Montreal, 16 September 1987?

Maksud dari penetapan peringatan itu adalah untuk selalu mengingatkan tentang betapa pentingnya kolaborasi aktif dan kerja sama semua pihak dalam melindungi bumi untuk generasi mendatang dari ancaman perubahan iklim dan penipisan lapisan ozon.

Penandatangan perjanjian ini menindaklanjuti persetujuan umum pertama yang diadakan pada tahun 1985, persetujuan yang dikenal sebagai “Konvensi Vienna untuk Perlindungan Lapisan Ozon” yang merupakan perjanjian untuk melindungi lapisan ozon.

Protokol Montreal tersebut ditandatangani oleh 188 negara. Nah, dalam rangka memperingati Hari Ozon Sedunia, siswa TK, SD dan SMP Tarakanita Blok Barito melakukan aksi menanam pohon di Taman Sambas, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Achmad Syarif selaku Lurah Kramat Pela dan dibantu oleh pasukan orange dari Kelurahan Kramat Pela.

Sebelum menanam pohon, peserta didik sempat bermain permainan yang ada di Taman Sambas. Mereka yang terlibat dalam kegiatan penanaman pohon ini 10 siswa dari tia jenjang TK, SD, SMP Tarakanita dan beberapa guru pendamping.

Para siswa sangat senang diberi kesempatan untuk menanam pohon di Taman Sambas. Pohon yang ditanam antara lain: pohon ketapang kencana, tabubuya, jengkol, sirsak, alpukat hingga durian.

Pihak Tarakanita berharap pohon yang ditanam bisa tumbuh dengan baik dan berguna bagi lingkungan sekitar, dapat mengurangi polusi udara dan menghijaukan bumi.

Bagi siswa Sekolah Tarakanita Blok Barito, kegiatan ini diharapkan bisa menanamkan jiwa cinta lingkungan dari sejak dini, bisa merawat tanaman dengan baik. Dimulai dengan kegiatan kecil semacam ini maka lapisan ozon di bumi ini tetap terjaga dengan baik.(kalderanews.com).