Resep Cinnamon Roll

Roti gulung yang punya aroma kayu manis kuat dengan rasa manis ini sering kali menjadi menu favorit yang mudah ditemukan di toko roti atau kafe. Biasanya, di setiap gulungan, cinnamon roll diberi taburan kayu manis bubuk serta gula palem. 

Roti khas Swedia ini cocok disajikan untuk sarapan atau teman minum teh atau kopi.

Tidak heran cinnamon roll punya aroma yang sangat memikat dan cocok dinikmati kapan saja. Selain enak, cinnamon roll adalah resep yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Penasaran bagaimana caranya? Intip resep cinnamon roll di bawah ini, ya! 

Resep cinnamon roll Bahan:

230 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram tepung terigu serbaguna 50 gram gula pasir 25 gram susu bubuk 1 butir telur dingin 120 ml susu cair dingin 1 sdt ragi 30 gram butter ½ sdt garam

Bahan untuk isian cinnamon roll:

Margarin secukupnya untuk olesan 5-6 sdm gula palem+ ½ sdt kayu manis bubuk

Bahan untuk cream cheese frosting:

25 gram cream cheese
1 sdm butter 2 sdm gula halus 2 sdm susu cair

Cara membuat cinnamon roll:

Siapkan dan panaskan oven. Campurkan semua bahan cream cheese frosting dalam satu wadah. Mikser sampai halus dan mulus, sisihkan. Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, ragi, gula, dan susu bubuk. Aduk rata. Tuang telur dan susu cair, mikser sampai setengah kalis. Tambahkan mentega dan garam, mikser sampai kalis elastis. Istirahatkan adonan selama 45-60 menit sampai adonan mengembang dua kali lipat. Tutup adonan dengan lap lembut atau plastic wrap. Taburi alas meja dengan tepung. Gilas adonan sampai melebar sekitar 30×40 cm.

Olesi dengan margarin, tabur dengan gula palem dan bubuk kayu manis, ratakan. Gulung sambil dirapatkan. Potong menjadi sembilan bagian sama besar dengan menggunakan benar. Susun di sebuah loyang yang sudah diolesi dengan kertas roti. Biarkan minimal 30 menit hingga mengembang dua kali lipat. Panggang dengan suhu 180 derajat celsius dengan api bawah selama 15-20 menit. Lanjut dengan apo atas sampai bagian atasnya berwarna kecokelatan. Kalau sudah matang, keluarkan dari oven, dan beri cream cheese frosting di atasnya. Dinginkan.