Resep Unik Smore Macaron

Smore merupakan dessert yang terbuat dari mashmallow panggang dan potongan cokelat. Dessert atau makanan penutup ini biasanya disajikan dengan dua biskuit yang disusun menjadi sandwich. Namun, kini smore dapat dikreasikan menjadi makanan yang lebih bervariasi. Salah satunya adalah menjadi smore macaron.

Smore macaron merupakan macaron yang di tengahnya berisi marshmallow panggang dan krim cokelat. Jika kamu ingin membuat dessert ini di rumah, catat dan simak resep smore macaron di bawah ini, ya!

1.Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat smore macaron dibagi menjadi dua macam. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan coque: 50 gram tepung almond                                                              40 gram gula halus                                                                                  1 gram bubuk kakao                                                                              40 gram putih telur                                                                                       40 gram gula pasir

Bahan smore: 120 gram cokelat                                                                                             60 gram whipping cream 1 butir putihan telur                                                                                  60 gram gula pasir                                                                                                     1 gram ekstrak vanila

Topping: Cokelat leleh                                                                                        Remahan biskuit

2.Buat adonan coque

Siapkan wadah. Masukkan tepung almond, gula bubuk, dan bubuk kakao dalam wadah tersebut. Aduk ketiga bahan menggunakan spatula. Saring ketiga bahan tersebut hingga diperoleh tepung yang halus tanpa gumpalan. Sisihkan jika sudah.

Siapkan wadah yang berisi putih telur. Kocok putih telur menggunakan mixer hingga mengembang. Tambahkan gula pasir, lalu kocok kembali. Masukkan tepung almond, gula bubuk, dan bubuk kakao yang telah disaring sebelumnya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

3.Tuang adonan dalam loyang. Panggang hingga matang

Masukkan adonan coque ke dalam piping bag. Kemudian, tuang dalam loyang yang telah diberi baking paper. Tuang adonan coque tadi hingga berbentuk bulat. Usahakan adonan yang dituang menghasilkan ukuran yang sama.

Setelah itu, diamkan adonan di suhu ruang selama kurang lebih satu jam agar mengering. Setelah didiamkan, panggang adonan dalam oven. Panggang selama 10 menit dengan menggunakan suhu sebesar 130 derajat celcius.

4.Buat krim cokelat dan marshmallow

Untuk membuat krim cokelat caranya cukup mudah. Lelehkan cokelat dan whipping cream. Lalu, aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur rata. Kemudian masukkan ke dalam piping bag.

Kemudian, untuk membuat marshmallow, campurkan putih telur dan gula dalam wadah. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata.

Kemudian, letakkan wadah tersebut di atas panci yang berisi air mendidih. Masak adonan tersebut selama lima menit. Setelah itu, kocok dengan menggunakan mixer. Tambahkan ekstrak vanila, lalu kocok kembali hingga merata. Setelah itu, masukkan adonan marshmallow ke dalam piping bag.

5.Susun coque, krim cokelat, dan marshmallow menjadi smore macaron

Siapkan coque, krim cokelat, dan marshmallow. Ambil satu coque dan beri krim cokelat di atasnya. Lalu, ambil satu coque lagi dan beri marshmallow di atasnya.

Panggang marshmallow tersebut menggunakan torch. Lalu, susun kedua coque tersebut membentuk sandwich. Kemudian, beri topping cokelat leleh dan remahan biskuit sesuai selera. Smore macaron siap disajikan.