Rivaldo Brahmantio Hardani, Wisudawan Termuda Universitas Brawijaya

Sekolahnews.com – Usianya baru 19 tahun, tapi telah berhasil merengkuh gelar sarjana dan menjadi wisudawan termuda Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang yang lulus pada tahun 2020 ini.

Pemuda bernama lengkap Rivaldo Brahmantio Hardani menjadi salah satu perwakilan wisudawan yang hadir secara fisik di Gedung Samantha Krida saat prosesi wisuda yang dilakukan secara daring pada Minggu, dilansir dari faktualnews.co.

Rivaldo berhasil lulus di usia muda karena saat masuk kuliah dia masih berumur 15,5 tahun. Sebelumnya dia pernah dua kali mengikuti program akselesari.

Baca juga: Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia

Dia juga lolos dari kewajiban sidang skripsi karena prestasinya yang gemilang selama berkuliah di Universita Brawijaya. Dia berhasil menyabet juara di beberapa lomba tingkat nasional.

“Saya mengajukan prestasi lomba Hasanuddin Scientific Fair sebagai juara 1 tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Hasanuddin di Makassar tahun 2019. Untuk persyaratan bebas sidang skripsi harus menjadi juara 1 perlombaan tingkat nasional. Selain itu juga bisa juara 1,2, dan 3 di level internasional,” jelasnya.

Wisudawan kelahiran Balikpapan tersebut juga telah meraih berbagai prestasi perlombaan baik di level nasional maupun internasional. Saat mengikuti perlombaan di Jember ia meraih juara 1. Sementara di level internasional ia juga pernah memenangi Olimpiade Kedokteran sebagai juara 2.

“Saya sudah sering mengikuti berbagai olimpiade sejak SMA, memang pada dasarnya saya sangat suka jalan-jalan dan supaya mendapatkan hal-hal yang baru,” imbuh putra Brigjen Hardani Lukitanta Adi itu.

Baca juga: 6 Doktor Termuda dari Indonesia

Prosesi wisuda yang dipusatkan di Gedung Samantha Krida tersebut dihadiri hanya oleh sebagian perwakilan wisudawan dari tiap-tiap fakultas. Sementara wisudawan yang lainnya, mengikuti prosesi dari rumah masing-masing.

“Wisuda kali ini memang harus online untuk mematuhi protokol kesahatan, meskipun demikian saya tetap senang dan bersyukur karena proses wisuda kali ini berjalan dengan lancar,” tutupnya.