Sayuran yang Diharamkan dalam Diet Keto

Sekolahnews – Diet keto adalah pola diet yang menerapkan gaya makan rendah karbohidrat namun tinggi lemak dalam menu harian.

Prinsip diet keto adalah bagaimana mempertahankan tubuh dalam keadaan ketosis. Kondisi ini mendorong tubuh untuk lebih banyak membakar lemak agar menurunkan berat badan.

Untuk itu, asupan diet keto mencakup makanan laut, daging, produk susu, telur, kacang-kacangan, lemak dan sayuran tertentu. Berikut jenis sayuran yang tidak bisa dikonsumsi dalam diet keto.

Kentang

Dalam 100 gram kentang, menyimpan 20,45 gram karbohidrat. Dalam satu buah kentang ukuran sedang dapat memuat 34 gram karbohidrat.

Saat mengonsumsi kentang, tubuh mencerna karbohidrat dengan cepat ketimbang jenis karbohidrat kompleks lainnya, sebab indeks glikemik (GI) kentang lumayan tinggi.

Jagung

Jagung merupakan sayuran bertepung kaya vitamin, serat dan mineral, sehingga direkomendasikan dalam menu makanan diet.

Namun, jagung tak masuk daftar makanan diet keto. Hal ini karena sebagian besar karbohidrat jagung berasal dari pati yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

Kacang buncis

Sayuran yang tak boleh selanjutnya adalah kacang buncis. Sayuran ini kaya protein, vitamin, serat dan mineral.

Namun, kacang buncis dinilai memiliki kadar karbohidrat yang tinggi sehingga perlu dihindari selama menjalankan diet keto.