Sejarah dan Fakta Pizza.

Bukan hanya rasanya yang lezat, pizza juga punya sejarah dan fakta yang menarik diketahui. Di hari pizza sedunia, ini info pizza yang menarik.

Pizza berasal dari negara yang sama dengan menara Pisa, yaitu Italia. Pizza merupakan hidangan roti pipih yang diberi topping seperti saus, sayuran, daging dan bahan-bahan lainnya.

Pizza saat ini sudah menjadi makanan yang bisa didapatkan di berbagai belahan dunia. Pizza dengan beragam topping pun juga disajikan sesuai dengan selera khas daerah pizza tersebut dijual.

Tetapi tahukah kamu pizza punya sejarah yang sangat menarik? Mulai dari makanan para pekerja hingga masuk ke kerajaan.

Hidangan roti pipih ini dapat dilihat sebagai asal-usul pizza zaman modern yang lahir pertama kali di Napoli pada abad ke-16. Pizza inilah yang menjadi cikal bakal pizza modern yang bisa kamu temukan dengan mudah hingga hari ini.

Awalnya, pizza dibuat sebagai makanan kelas pekerja. Para pekerja Yunani Kuno membutuhkan sesuatu yang cepat dan murah. Ini yang menyebabkan pizza pertama kali dibuat, disajikan dengan roti yang begitu tipis dan isian yang tidak sebanyak sekarang.

Menurut legenda populer lainnya, pada tahun 19888 Raja Umberto I dan Ratu Margherita pergi mengunjungi Napoli. Mereka mencoba berbagai pizza di Napoli dengan alasan bosan akan sajian gourmet di kerajaan mereka.

Sesampainya di Napoli, Ratu Margherita langsung jatuh cinta dengan dengan pizza yang terbuat dari saus tomat, basil dan keju mozarella. Sejak saat itulah pizza ini diberi nama pizza Margherita.

Selain perjalanannya yang cukup panjang mulai dari terkenal di kelas pekerja, masuk kerajaan hingga menjadi makanan imigran pizza ternyata memiliki fakta-fakta menarik yang jarang diketahui masyarakat luas. Berikut ini 6 fakta menarik yang ada dibalik lezatnya roti pipih dan saus pizza.

1. Kata “Pizza” pertama kali dicatatkan dalam manuskrip Latin di abad ke-10 dari kota Gaeta Italia Selatan di Lazio.

2. Restoran pizza pertama Amerika adalah Lombardi. Awalnya restoran ini merupakan toko kelontong yang mulai menjual pizza pada tahun 1905.

3. Pada tahun 2009, pizza Neapolitan terdaftar di Uni Eropa sebagai hidangan Jaminan Khusus Tradisional. Seni membuat Neapolitan pizza kemudian dicatatkan sebagai daftar warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2017.

4. Di Skotlandia, pizza disajikan dengan cara digoreng. Koki akan menggoreng seluruh pizza dan topping. Ajaibnya pizza ini menjadi suatu hidangan yang lezat.

5. Pada tahun 2013, NASA mendanai prototype printer 3D yang dapat menciptakan makanan untuk astronot dalam misi ruang angkasa yang berdurasi panjang. Pizza menjadi salah satu makanan yang masuk dalam perangkat tersebut.

6. Pembuat pizza dikenal dengan sebutan Pizzaiolo.