Tips Membersihkan Wajah

Sel kulit mati yang menumpuk bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit, apalagi jika berkontaminasi dengan bakteri. Tak hanya jerawat, flek hitam, komedo, dan masalah kulit lain bisa muncul. Untuk menghindari itu, cobalah cara membersihkan wajah secara rutin.

Berikut adalah tips untuk mebersihkan wajah agar tetap cerah dan lembut.

1. Pastikan Tangan Dalam Keadaan Bersih

Faktanya, tangan bisa menjadi salah satu sumber bakteri terbanyak.Karena selama beraktivitas, tangan kita menyentuh banyak permukaan benda. Sehingga, menyebabkan tangan kita menjadi pusat kotoran, debu, polusi dan banyak bakteri. Jadi, pastikan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan terlebih dahulu sebelum kamu hendak menyentuh dan membersihkan wajah.Karena menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor merupakan cara membersihkan wajah yang salah.

2.Pijat Wajah

Ketika terburu-buru, secara tak sadar kita membersihkan wajah dengan gerakan kasar dan cepat. Hal inilah yang dapat membuat kulit wajah iritasi. Hindari memberikan gesekan yang terlalu kencang pada wajah. Gerakan kasar pada wajah dapat memberikan efek yang tidak kelihatan secara langsung. Karena efek dari metode yang tidak tepat ini baru akan terlihat di masa yang akan datang. Permukaan wajah bisa menjadi kasar, muncul garis-garis halus, dan elastisitas kulit berkurang, sehingga kulit menjadi kendur.

Sebaiknya, lakukan cara membersihkan wajah dengan gerakan memutar sambil dipijat dengan lembut, agar otot pada wajah menjadi rileks. Selain itu, tidak hanya membuat kulitmu tetap terjaga elastisitasnya, memijat wajah dengan metode yang tepat juga dapat melancarkan sirkulasi darah, mengurangi flek hitam, menunda penuaan, detoksifikasi kulit, dan bahkan membuat wajah tampak lebih elastis dan berkilau.

3.Gosok dengan Scrub

Cara membersihkan wajah selanjutnya adalah menggosok kulit menggunakan scrub.Scrub lebih efektif mengangkat sel kulit mati sehingga wajah tak lagi terlihat kusam. Selain menggunakan scrub yang dijual di pasaran, Anda bisa memakai scrub dari bahan alami.Caranya, campurkan gula dan madu dengan porsi yang sama. Setelah teraduk hingga rata, gosokkan campuran itu pada wajah selama lima menit. Setelah didiamkan selama tiga menit, bilas dengan air hingga bersih.

4.Jaga Kelembaban Kulit

Cara membersihkan wajah lainnya yang direkomendasikan dalah dengan memerhatikan kelembaban kulit. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan supaya kelembaban kulit terjaga, salah satunya adalah dengan memakai krim pelembab. Gunakan krim pelembab pada wajah dan leher sebelum tidur.

5.Konsumsi Makanan Bergizi

Tidak hanya dari luar, mendapatkan kulit yang sehat dan lembut juga perlu perawatan dari dalam, Teman Senka. Setelah memahami bagaimana cara membersihkan wajah dari luar dengan tepat di poin-poin sebelumnya, menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi juga wajib dilakukan. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan, kulit akan terpenuhi nutrisinya dari dalam. Plus, jangan lupa juga minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing.