Yuk…Siap-Siap Mau Ujian Akhir Semester

SekolahNews — Tak terasa sebentar lagi mau ujian akhir semester. Ayo kita persiapkan diri dengan sebaik-baiknya, supaya kamu bisa mengerjakan soal ujian mendatang. Simak beberapa tips berikut ini:

1. Menciptakan suasana belajar yang nyaman.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan suasana belajar yang nyaman, misalnya menata kembali kondisi kamar dan meja belajar, atau tempat lain yang biasa digunakan untuk belajar dan hal-hal lain yang kamu anggap bisa membuat kamu nyaman belajar.

2. Membuat rencana

Ada pepatah “Jika kamu gagal membuat rencana, maka kamu sudah berencana untuk gagal”. Artinya kamu harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari dan merencanakan apa yang akan dilakukan dalam menghadapi ujian akhir. Jangan kamu belajar dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) karena akan membuat kamu sulit sendiri.

Baca juga: 9 Cara Belajar Efektif dan Efisien
3. Kisi-kisi Materi

Biasanya guru-guru akan memberikan kisi-kisi kepada murid-muridnya sebelum ujian akhir dimulai. Catat atau simpan kisi-kisi tersebut sebagai salah satu acuan belajar disamping membaca materi lain yang tidak ada dalam kisi-kisi tersebut.

4. Tandai materi yang kamu tidak paham

Baca, pelajari dan pahami materi maupun soal-soal yang pernah diterima di sekolah. Tandai materi-materi yang kurang kamu pahami dan cari solusinya melalui bertanya dengan guru, teman, bimbel, atau di internet, sehingga kamu jadi mengerti.

5. Belajar bersama

Pasti kamu punya banyak  teman di sekolah. Ajak beberapa temanmu untuk belajar bersama. Pilih teman-teman yang memang bisa untuk diajak belajar dan bisa saling mengisi kekurangan masing-masing.

Baca juga: Masalah dalam Belajar dan Solusinya
6. Kurangi waktu bermain

Batasi waktu bermain supaya fokus dalam menghadapi ujian akhir, terutama gadget yang hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kamu.

7. Istirahat yang cukup

Jangan lupa istirahat sewaktu kamu lagi asyik belajar. Istirahat sangat berguna untuk melemaskan tubuh dan pikiran. Gunakan sebaik mungkin waktu istirahat kamu dengan kegiatan-kegiatan yang kamu suka, tapi tidak membebani pikiran. Misalnya buka medsos, tidur, dan lain-lain. Sebaiknya jangan main game ya, karena menambah beban otak.

8. Berdo’a

Ini adalah hal yang wajib kamu lakukan. Kamu pasrahkan diri kepada Tuhan dan memohon agar selalu diberikan yang terbaik.