10 Desain Kursi Goyang Modern

Selama ini kursi goyang sering diasosiasikan dengan benda-benda antik dan lawas. Biasanya ia didesain dengan detail ukiran yang membuat kesan magis dan vintage-nya kental terlihat. Namun, di era sekarang, kamu bisa menemukan kursi goyang berdesain modern minimalis. 

Keelokannya tidak kalah dengan desain-desain di lawas, kok. Kamu bisa menempatkannya di rumah minimalis dan industrial sekalipun. Atau kalau ruangan sudah terlanjur pakai konsep Bohemian, kursi goyang modern berikut masih bisa disertakan. Yuk, tengok belasan desainnya di bawah ini. 

1. Kursi goyang minimalis dari Eames 

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/miffiffippi)

Kursi dengan dudukan fiberglass macam ini sudah sering kita temukan di berbagai tempat, meski tentu tidak semuanya merupakan asli buatan sang pabrik pemilik paten, Eames. 

Mereka tak ketinggalan merilis versi kursi goyangnya, yaitu dengan menambahkan slide kayu di bagian dasar yang tersambung dengan kaki-kaki logamnya. Elegan dan tetap ergonomis. Kalau begini, tak ada sedikit pun kesan jadul di kursi goyang. 

2. Kursi goyang ala Space Age 

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/destudio_)

Space Age adalah julukan untuk desain-desain yang terinspirasi tren tahun 60an. Salah satunya kursi berbentuk S yang ternyata bisa juga disulap menjadi kursi goyang.

Benar-benar seamless desainnya. Terbuat dari bahan fiberglass yang dicetak saling berkesinambungan, tak ada rangka yang harus dipasang dulu.

3. Kursi goyang kapsul dari rotan

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/monsteralover.id)

Selain bentuk S, kursi goyang juga bisa dibuat dengan bentuk menyerupai kapsul. Cukup terdiri dari sandaran dan dudukan, tanpa penyangga lengan. Bahannya perlu diacungi jempol, nih. Rotan yang ramah lingkungan dan ringan. 

Penampakannya pun tidak canggung untuk rumah minimalis atau Boho dan cottage-core. Kalau nemu yang begini, langsung comot. Aman pula untuk diletakkan di area nursery, sulap jadi spot favorit saat menimang si kecil. 

4. Kursi goyangnya klasik, tapi timeless

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/purplebackyard)

Desain kursi goyang yang ini sebenarnya tidak baru. Cukup standar dan klasik, bukan? Namun, kalau diperhatikan ia tidak didesain dengan banyak ukiran dan ornamen penghias. Hasilnya timeless, bisa dipakai kapan dan di mana saja. 

Paling cocok untuk santai di ruang tengah sambil ngobrol bareng kerabat. Atau pakai untuk nonton TV maupun membaca buku sepulang kerja. 

5. Kursi jadul di ruangan yang modern 

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/historiasdecasa)

Tak harus beli baru, kamu bisa melakukan upcycle pada kursi goyang lawas warisan dari leluhur. Poles dengan varnish baru dan ganti dudukannya kalau memang sudah jebol. 

Kemudian, coba letakkan di rumah barumu yang berkonsep minimalis. Ternyata masih oke, justru ia bisa menjadi focal point di ruangan. Biar rumahmu tak kelewat sepi dan monoton. 

6. Kursi goyang eklektik dari desainer Spanyol, Andrés Mariño Maza 

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/andresmmaza)

Andrés Mariño Maza merupakan desainer perabot asal Spanyol yang sering membagikan karyanya di media sosial. Beberapa ia jual secara independen. Salah satunya kursi goyang berlengan di atas. 

Ia menggunakan konsep continous frame, yaitu rangka tanpa sambungan terpisah. Sementara bagian sandaran punggung dan dudukannya menggunakan bahan kulit. Premium, sih, wajar kalau harganya fantastis. 

7. Kursi pantai yang dimodifikasi dengan slide kayu 

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/fumiakiu2)

Kursi ini sebenarnya hanya berupa rangka logam yang bisa diberi dudukan dan sandaran kain. Didesain agar bisa dilipat dan dipindah-pindah dengan mudah. Namun, sang pemilik menambahkan slide kayu di bagian dasarnya agar kursi bisa digoyangkan. 

Ide brilian, nih buat yang gemar utak-atik. Siapa tahu ada kursi nganggur di rumah yang bisa disulap jadi kursi goyang macam contoh di atas. 

8. Tak terlihat seperti kursi goyang 

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/maelutzz)

Dari kejauhan, siapa yang menyangka kalau kursi di teras rumah ini ternyata kursi goyang? Desainnya benar-benar minimalis ala furnitur Skandinavia di era mid century modern. 

Bedanya ada pada tambahan slide melengkung di bagian kakinya yang memungkinkan pergerakan. Si desainer sengaja membuat lengkungan yang tak seberapa kentara untuk memastikan pergerakan kursi tidak begitu kuat. 

9. Kursi goyang besi untuk teras atau pekarangan

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/sojourn_staging_austin)

Untuk kebutuhan outdoor, kamu bisa mencoba berburu kursi goyang dengan material yang lebih tahan lama macam besi. Tentu, tetap pilih yang ringan agar pergerakannya tetap bisa optimal. 

Cat dengan warna yang dikehendaki dan beri coating agar tak mudah terkelupas dan berkarat. Letakkan di area yang paling sering kamu pakai untuk santai, bisa teras, pekarangan atau balkon. 

10. Kursi goyang modern untuk pencinta kayu

10 Desain Kursi Goyang Modern yang Pas untuk Rumah Minimalis
(instagram.com/cambiumfurnitureanddecor)

Kalau suka banget dengan perabot-perabot kayu, coba adopsi desain kursi goyang di atas. Gayanya nautical, tetapi juga modern dan minimalis. Tinggal beri coating warna alami agar kesan cerah dan kekiniannya tetap terjaga. 

Bisa diletakkan di luar maupun di dalam rumah, kok. Asal jangan sering-sering terekspos hujan dan matahari. Saat tak terpakai, letakkan di area yang teduh agar lebih awet. 

(IDN Times)