Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Teh hijau atau dalam padanan bahasa Inggris disebut green tea semakin digemari beberapa tahun belakangan. Pamor teh hijau kian meningkat diiringi dengan banyaknya makanan dan minuman kekinian yang menggunakan bahan dasar teh hijau sebagai campurannya.

Teh hijau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari membantu membakar lemak, mencegah kanker, menurunkan kadar gula darah, hingga mencegah penyakit jantung. Kemudian teh hijau mengandung kafein yang dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Setelah ditelusuri, ternyata khasiat dari teh hijau sudah dikenal sejak tahun 2.737 SM. Tak heran jika teh yang satu ini diyakini begitu berkhasiat untuk tubuh.

Sebelum mengetahui manfaat dari teh hijau, kalian perlu mengetahui kandungan di dalam teh ini. Teh hijau atau green tea ternyata memiliki beberapa nutrisi, seperti protein, energi, magnesium, kalium, katekin, dan kafein.

Teh hijau atau green tea diyakini memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Simak penjelasan berikut ini.

Bisa Meningkatkan Pembakaran Lemak

Jika kalian melihat daftar bahan untuk suplemen pembakar lemak, kemungkinan besar, teh hijau akan ada sebagai salah satu bahannya.

Ini juga menjadi salah satu manfaat teh hijau untuk kesehatan, karena teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme, menurut American Journal of Physiology.

Dalam penelitian lain yang melibatkan 12 pria sehat, ekstrak teh hijau meningkatkan oksidasi lemak sebesar 17%, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Namun, beberapa penelitian tentang teh hijau tidak menunjukkan peningkatan metabolisme, jadi efeknya mungkin tergantung pada individu dan cara penelitian tersebut dilakukan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Mengutip Healthline, bukan sekedar minuman menghidrasi, tetapi juga dapat membantu meningaktkan fungsi otak. Bahan aktif utama adalah kafein, yang dikenal sebagai stimulan. Ini tidak mengandung sebanyak kopi, tetapi cukup untuk menghasilkan respons tanpa menyebabkan efek gelisah yang terkait dengan terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Kafein mempengaruhi otak dengan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut adenosin. Dengan cara ini, ia meningkatkan penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmiter, seperti dopamin dan norepinefrin Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori.

Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Khasiat dari teh hijau atau green tea telah dikenal sejak lama. Namun, popularitasnya baru meningkat beberapa tahun belakangan.

Tingginya kolestrol jahat di dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Teh hijau diyakini dapat menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh sehingga risiko penyakit jantung berkurang.

Kalian bisa mengurangi penurunan risiko serangan jantung dan kadar kolestrol dengan meminum teh hijau 1-3 cangkir sehari. Manfaat yang satu ini memiliki efek kesehatan dengan bukti terkuat.

Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Manfaat teh hijau lainnya yakni mencegah penyakit alzheimer dan parkinson. Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan gangguan pada fungsi otak. Kondisi ini akan membuat orang yang memiliki penyakit alzheimer mengalami penurunan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya. Sedangkan parkinson merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf. Penderita penyakit ini akan mengalami penurunan kemampuan gerak. Teh hijau memiliki senyawa bioaktif dan katekin yang berperan mengurangi risiko kedua penyakit tersebut. Namun, penggunaan teh hijau juga tidak boleh berlebihan. Apabila terdapat gejala dari kedua penyakit tersebut, lebih baik periksakan terlebih dahulu ke dokter ahli, sebelum memutuskan untuk menggunakan pengobatan tradisional.

Meningkatkan Kesuburan

Teh hijau memiliki kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan, lho Grameds. Manfaat teh hijau bagi kaum hawa ternyata didukung oleh kandungan polifenol yang dapat mengurangi stres oksidatif.

Tingkat stres terlalu tinggi menjadi salah satu hal yang berpengaruh terhadap kesuburan. Selain itu, senyawa polifenol dalam kandungan teh hijau juga turut membantu pelepasan sel telur.

Dengan mengonsumsi teh hijau, peluang kamu untuk mendapatkan kehamilan menjadi lebih tinggi. Tak hanya berlaku untuk kaum hawa, senyawa polifenol dalam teh hijau juga dapat meningkatkan kesuburan bagi kaum adam.

Kandungan polifenol teh hijau dapat membantu meningkatkan pergerakan sperma menjadi lebih optimal. Proses pembuahan akan lebih mudah terjadi dengan mengonsumsi teh hijau atau green tea.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidak hanya saat stres, jika kamu mengalami susah tidur, minum teh hijau sebelum tidur dapat memberikan manfaat. Kandungan theanine dalam teh hijau memiliki efek anti-stress pada hewan maupun manusia. Hal ini dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak sekaligus membantu memperbaiki kualitas tidur yang buruk.

Meskipun teh hijau mengandung kafein, kadar zat ini dalam teh cukup rendah sehingga efeknya dalam meningkatkan kewaspadaan tidak besar.