10 Sirkuit MotoGP 2022 dengan Lintasan Terpanjang

Sekolahnews.com – Jadwal dan lintasan balap untuk MotoGP musim 2022 telah dirilis beberapa waktu lalu. Musim balap 2022 memiliki beberapa catatan menarik, termasuk masuknya Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) ke dalam kalender gelaran MotoGP musim 2022.

Tercatat ada 21 sirkuit yang dipergunakan untuk ajang MotoGP 2022. Dari 21 sirkuit tersebut, setidaknya terdapat 10 sirkuit yang memiliki lintasan terpanjang.

Selain tikungan, panjang lintasan sendiri menjadi bagian penting dalam lintasan sirkuit MotoGP. Dengan lintasan yang panjang, sedikitnya memberikan ruang bagi pembalap untuk melakukan aksi overtaking.

Sirkuit Silverstone menjadi sirkuit dengan lintasan terpanjang untuk kalender MotoGP 2022. Panjang sirkuit yang berlokasi di Inggris tersebut mencapai 5,90 kilometer (km). Sirkuit ini dilengkapi 18 tikungan dengan 10 tikungan kanan dan 8 tikungan kiri, menjadikan Silverstone sebagai sirkuit yang punya tikungan terbanyak kedua setelah Sirkuit of The Americas, Austin-Texas, Amerika Serikat.

Tak hanya jadi sirkuit terpanjang, Silverstone juga merupakan sirkuit yang lebar, di mana lebar lintasannya 17 meter. Alhasil, karakter sirkuit Silverstone ini terbilang merata untuk kemampuan semua motor MotoGP.

Peringkat ke-2 diisi Sirkuit Sepang, Malaysia. Sirkuit kebanggan warga Malaysia ini memiliki panjang lintasan 5,54 km. Kemudian posisi 3 diisi Sirkuit of the Americas. Sirkuit yang digunakan berbagai macam jenis balap ini memiliki panjang lintasan mencapai 5,51 km.

Dua sirkuit yang berlokasi di Negeri Matador, Spanyol, juga masuk daftar. Sirkuit Aragan menempati peringkat ke-6 dengan panjang 5,07 km, lalu Sirkuit Catalunya di posisi ke-9 dengan 4,65 km.

Sementara itu, dari 21 sirkuit yang dipergunakan, sirkuit Mandalika menempati peringkat ke-18 dengan panjang lintasan 4,31 km dengan lebar 15 meter.(goodnewsfromindonesia.id).