YouTube Bakal Nonaktifkan Fitur Stories

Dok. Pixabay

Sekolahnews РYouTube bakal menonaktifkan fitur Stories pada 26 Juni 2023 mendatang. Kali ini, aplikasi berbasis video yang dimiliki Google tersebut akan lebih berfokus pada Shorts. Ya, Shorts merupakan video pendek dengan tampilan vertikal yang biasa tampil di tengah pencarian YouTube.

Mengadopsi konsep TikTok, YouTube Shorts dianggap lebih efektif untuk menarik perhatian dan minat pengguna YouTube.

Fitur Stories sendiri pertama kali diperkenalkan di YouTube pada 2018 lalu dan hanya bisa diakses oleh akun dengan 10 ribu subscribers lebih. Tujuan dari dibuatnya Stories ini agar kreator dapat berinteraksi dengan subscribers mereka dengan cara yang lebih santai atau dengan video yang tak membutuhkan editing rumit.

Namun dalam perkembangannya, kreator di YouTube ternyata cenderung lebih sering menggunakan Community posts karena dianggap lebih banyak memancing komentar dan likes.

Tak hanya itu, keberadaan YouTube Shorts juga semakin membuat eksistensi Stories terancam.

Jelang penonaktifan, YouTube akan memberikan notifikasi kepada kreator melalui YouTube Studio. Selain itu, kamu juga akan diberikan pengumuman lewat Stories sendiri jika kamu mengaksesnya sebelum tanggal 26 Juni.

Sebagai gantinya, Google juga lebih ingin mengembangkan fitur lainnya, mulai dari siaran broadcast secara langsung hingga community posts.