4 Film Indonesia Akan Dibuat Versi Remake-nya di Luar Negeri

SekolahNews — Industri perfilman Indonesia mulai beranjak naik dan beberapa film Indonesia sudah mendapatkan penghargaan film Internasional dan ditayangkan di luar negeri.

Bahkan saat ini ada 4 buah film yang dikabarkan akan dibuat remakenya atau dibuat ulang oleh perusahaan film luar negeri, yaitu :

1. Laskar Pelangi (2008)
Baca juga: “Perempuan Tanah Jahanam” Karya Terbaru Joko Anwar

Laskar Pelangi yang dirilis pada tahun 2008 lalu merupakan salah satu film favorit sampai kini. Diangkat dari kisah nyata dan menceritakan kisah masa kecil anak-anak kampung dari suatu komunitas Melayu yang sangat miskin  di Belitung . Anak orang-orang ‘kecil’ yang mencoba memperbaiki masa depan mereka dengan semangat yang besar .Film ini diangkat dari novel karya Andrea Hirata dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Riri Riza.

Laskar Pelangi merupakan film dengan jumlah penonton terbanyak keempat di Indonesia dengan meraih sekitar 4,6 juta penonton.

Kesuksesan film ini di dalam negeri dikabarkan membuat sebuah rumah produksi Hollywood tertarik membuat versi remake.

2. Pengabdi Setan (2017)

Film ini merupakan remake dari film dengan judul yang sama dan ditayangkan pada tahun 1982 yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra.

Kisahnya tentang sebuah keluarga bahagia yang enggak lagi bahagia karena carut marutnya kondisi ekonomi setelah sang ibu (Ayu Laksmi) yang seorang penyanyi kondang, meninggal dunia akibat jatuh sakit selama tiga tahun belakangan. Enggak hanya meninggalkan duka, kematian sang ibu ternyata menyisakan misteri yang terus menghantui dan mengganggu keluarga tersebut. Secara perlahan, misteri yang menyelimuti kematian sang ibu pun terungkap dan menjawab arti di balik judul film ini.

Rapi Films, selaku pemegang lisensi film dikabarkan sudah berdiskusi dengan CJ Entertainment, distributor yang memasarkan film ini di luar negeri.

3. The Raid (2011)
Baca juga: “Ratu Ilmu Hitam” versi 2019, Siap Tayang 7 November

Kini Orang Indonesia patut berbangga diri, karena film action terbaru hasil karya anak bangsa Indonesia  The Raid:Redemption bisa menjadi The Cadillac People’s Choice Midnight Madness Award pada film pembuka program Midnight Madness Toronto International Film Festival 2011 (TIFF) pada 8 September 2011 lalu. 

Film The Raid : Redemption ini sendiri sudah lama beredar sejak tahun 2011. The Raid diproduseri by Gareth Evans dan pemeran utamanya adalah Iko Uwais. Karena keberhasilannya itu, The Raid dilirik oleh Sony Pictures dan akhirnya distribusi untuk Amerika Serikat dibeli oleh Sony Pictures, Canada oleh Alliance Films, sedang agen untuk penjualan internasional dipegang oleh Celluloid Nightmares. Oleh Sony Pictures, judul akhirnya ditambah menjadi: The Raid: Redemption. 

Film yang menonjolkan elemen bela diri pencak silat yang kental, film ini sangat diapresiasi oleh semua penontonnya.

4. Get Married (2007)

Adalah Film lokal Indonesia garapan Star Vision yang mulai tayang di bioskop pada bulan Oktober 2007. Get Married menjadi film Indonesia terlaris kedua tahun 2007 dengan jumlah penonton 2,2 Juta orang. Film Get Married sukses menjadi salah satu film komedi romantis terpopuler di Indonesia.

Film yang dibintangi Nirina ZubirAming, dan Ringgo Agus Rahman ini mampu menyajikan cerita cinta dengan dibalut komedi yang segar. Bahkan, film ini sudah di-remake oleh rumah produksi asal Vietnam dengan judul Our Wedding Day.