4 Kampus yang punya Jurusan Bahasa Korea

SekolahNews — Siapa yang tak kenal budaya Korea, terutama musik Kpop, drama dan film Korea-nya. Hal ini membuat banyak penggemarnya berusaha mempelajari budaya dan bahasa Korea. Nah, buat kamu yang pengen menguasai lebih dalam dan mempelajari seluk-beluk budaya dan bahasa Korea mungkin bisa memilih jurusan bahasa dan sastra Korea.

Tak perlu jauh-jauh ke negeri gingseng, di dalam negeri juga sudah ada koq beberapa kampus yang menyediakan jurusan studi ini, ya meskipun belum banyak.

Baca juga: Daftar Passing Grade Universitas Indonesia di SMBPTN 2019

Tapi, asal kamu tahu, dari tahun ke tahun peminat jurusan ini semakin banyak. Rata-rata kampus hanya menyediakan kuota untuk jurusan bahasa korea 100 – 200 mahasiswa baru setiap tahunnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kampus/ universitas yang membuka jurusan bahasa dan sastra Korea:

1. Universitas Gadjah Mada
kampus UGM (kampusaja.com)

yang pertama yakni UGM. Awalnya membuka sebuah sekolah vokasi dengan Program Studi (prodi) D3 Bahasa Korea. Prodi ini lebih fokus pada Bahasa Korea saja. Empat tahun kemudian, tepatnya pada 2008, UGM membuka Program Studi S1 Bahasa Korea yang lebih terfokus pada bidang keilmuan bahasa dan pengggunaannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Kini, Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UGM memiliki akreditasi A. Berada di Fakultas Ilmu Budaya, jurusan ini menawarkan matakuliah-matakuliah andalan seperti Komposisi Bahasa Korea, Linguistik Korea, Pengantar Sejarah Korea, Pengantar Masyarakat Korea, dan lain sebagainya.

Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM tak pernah sepi peminat, lho. Kamu bisa masuk jurusan ini melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau Ujian Tulis.

2. Universitas Indonesia
Kampus Universitas Indonesia

Di UI, nama jurusannya sama dengan UGM: Bahasa dan Kebudayaan Korea, dengan akreditasi yang sama-sama A. Matakuliahnya juga tak jauh beda, misalnya Telaah Kesusastraan Korea, Pengkajian Prosa Korea, Terjemahan Indonesia Korea, Pengkajian Drama Korea, Sejarah Korea Kontemporer, Kepercayaan Masyarakat Korea, dan lain-lain.

Pada intinya, selain mengasah kecakapan berbahasa, matakuliah-matakuliah yang ditawarkan dijurusan ini juga membuka wawasan mahasiswa akan budaya dan sastra masyarakat Korea. Tak heran, alumni Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI terkenal akan kelancarannya berkomunikasi dalam Bahasa Korea serta cakap dalam menerapkan analisis konsep teoretis keilmuannya secara nyata.

Kelebihan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI dibanding kampus-kampus lain adalah lokasinya yang berada di ibukota. Keistimewaan geografis ini memudahkan sponsorship sehingga ada lebih banyak event dan proyek kebudayaan yang cukup meriah. Sebagai mahasiswa, kamu bisa terlibat aktif didalamnya sembari mengembangkan jejaring relasimu.

3. Universitas Pendidikan Indonesia
Kampus UPI Bandung (quipper.com)

Tahun 2007 UPI membuka kursus Bahasa Korea di Balai Bahasanya. Dari sinilah berawal Jurusan Pendidikan Bahasa Korea, sebuah program studi sarjana yang merupakan hasil kerjasama dengan Kedubes Republik Korea Selatan, KOICA, Korea Foundation (KF), KCC Jakarta, dan berbagai pihak lain.

Kampus yang berlokasi di kota Bandung ini terkenal sebagai universitas yang menghasilkan pendidik bangsa dengan prospek kerja yang bagus. Meski Jurusan Pendidikan Bahasa Korea UPI masih belum memiliki akreditasi karena baru dibuka pada tahun 2015. Tapi, kampus ini layak dipertimbangkan kalau kamu memang bercita-cita menjadi tenaga pendidik maupun ahli Bahasa Korea.

Baca juga: 5 Kampus Terbaik di Asia 2019
4. Universitas Nasional
kampus Universitas Nasional (unas.ac.id)

Yang terakhir, Univeristas Nasional atau Unas. Kampus yang berlokasi dikawasan Jakarta Selatan ini membuka Program D3 Bahasa Korea pada tahun 1995, wehhh…sudah lama juga ya!

Seiring perkembangannya tahun 2017 Unas membuka Program Sarjana untuk Bahasa Korea. walau terbilang baru untuk program S1-nya, tapi kampus ini layak menjadi referensi untuk kamu memperdalam pengetahuan bahasa Korea.

Nah, sekarang kamu sudah tahu Perguruan Tinggi di Indonesia mana saja yang memiliki jurusan Bahasa Korea? Semoga bisa menambah referensi untuk kamu yang tertarik mengambil program studi ini, ya!