5 Pose Yoga Untuk Lancarkan Sirkulasi Darah Dalam Tubuh

Sirkulasi darah yang baik menunjang kinerja otak dan kesehatan jantung, serta mempercepat penyembuhan luka. Sebaliknya, sirkulasi darah yang buruk dapat membahayakan organ tubuh dan mengakibatkan konsekuensi fatal. Yoga, pendekatan holistik terhadap kesehatan fisik dan mental, merupakan salah satu cara terbaik untuk melancarkan peredaran darah. Berikut lima pose atau asana yoga yang meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

  • Uttanasana atau berdiri membungkuk

Pose berdiri ini memungkinkan darah bergerak menuju kelenjar dan organ vital di area dada. Asana tersebut juga menstimulasi hati dan ginjal serta menunjang pencernaan. Berdiri tegak dengan jarak kaki selebar pinggul, lalu angkat kedua tangan. Membungkuk ke depan sampai lutut dan cobalah menyentuh lantai tanpa menekuk lutut.
Tahan selama 15-20 detik lalu rileks.

  • Vajrasana atau pose berlian

Vajrasana membantu meningkatkan aliran darah ke area panggul dan perut sehingga memperbaiki buang air besar dan pencernaan. Ini satu-satunya pose yang bisa dilakukan dengan perut terisi. Duduk di atas tumit lalu pertahankan agar kedua lutut tetap rapat. Letakkan telapak tangan di lutut, luruskan punggung, bernapas normal, dan tahan pose ini selama tiga sampai empat menit.

  • Tadasana atau pose gunung

Pose berdiri yang efektif ini turut meningkatkan aliran darah ke arteri. Pose peregangan tersebut juga melancarkan sirkulasi darah di kaki. Berdiri tegak dengan kaki sedikit terbuka dan tangan di samping. Tarik napas, angkat tangan ke atas dan kaitkan jari-jari kedua tangan. Luruskan punggung dan busungkan dada sambil mempertahankan pandangan ke depan. Tahan selama 30 detik lalu rileks.

  • Adho mukha savasana atau pose downward facing dog

Dalam pose ini, jantung berada di atas kepala sehingga memperbaiki sirkulasi darah ke tubuh bagian atas dan otak. Buang napas dalam-dalam, luruskan siku dan lutut lalu angkat pinggul ke atas hingga membentuk bentuk “V” terbalik. Dengan melebarkan kedua tangan sebahu, dan jari-jari menunjuk ke depan, buka tulang belikat dengan memberi tekanan pada kedua telapak tangan. Bernapas perlahan, tahan selama 20-30 detik lalu rileks.

  • Paschimottanasana atau duduk membungkuk

Paschimottanasana membantu meningkatkan sirkulasi darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi dan menghilangkan stres. Selain itu, asana ini juga membantu membakar lemak di area perut. Duduk tegak dan regangkan kaki. Angkat kedua tangan, buang napas dan membungkuklah hingga tubuh bagian atas menyentuh tubuh bagian bawah. Benamkan kepala ke lutut dan pegang kaki erat-erat. Tahan selama 30 detik, lalu rileks.