6 Tips Berpuasa di Hari Pertama Ramadhan

Sekolahnews.com – Ibadah puasa akan dilakukan oleh umat Islam mulai tanggal 1 Ramadhan, dengan penentuan tanggal yang akan diumumkan setelah terlihatnya hilal dan sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.

Mengutip dari laman resmi Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI), M Febriyanto Firman Wijaya membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan pada hari pertama puasa di bulan Ramadhan 2023 ini.

Tips Persiapan Puasa Hari Pertama

1. Memantapkan Niat
Menurut Riyan, hal pertama yang penting untuk dilakukan jelang puasa adalah memantapkan niat puasa. Hal tersebut dikarenakan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, sehingga umat muslim harus memantapkan niat dengan cara ikhlas dalam menjalan ibadah.

Hal tersebut sebagaimana diterangkan dalam hadits yang berbunyi:

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa…” (HR. Ahmad)

2. Mengatur Pola Tidur
Mengatur pola tidur harus dilakukan karena jam bangun muslim pada saat Ramadhan akan berbeda dengan jam bangun hari-hari biasa. Riyan menuturkan bahwa muslim setidaknya memiliki waktu 8 jam tidur selama Ramadhan nanti.

Menurutnya, dengan jam tidur yang cukup, maka dapat membantu tubuh bisa mengatur hormon sehingga tubuh bisa lebih mudah menjalankan puasa sehari penuh.

“Sempatkan tidur siang, hal ini menjadi salah satu yang membantu dalam menjaga stabilitas diri di tengah kesibukan bekerja saat puasa. Oleh karena itu dengan pola tidur yang baik akan membantu diri bangun tepat waktu saat sahur,”kata Riyan dalam situs UM Surabaya.

3. Mengontrol Waktu dan Menu Makanan
Agar bisa bertahan di hari pertama puasa, dapat dilakukan salah satunya dengan mengontrol makan di hari sebelumnya. Menurut Riyan, perlu untuk mengurangi makanan cepat saji dan makanan olahan karena makanan-makanan tersebut hanya menyimpan sedikit cadangan lemak sehingga tubuh akan cepat merasa lesu.

“Untuk minuman jauhilah yang mengandung kafein, soda dan teh. Karena dari kandungan minuman itu tubuh akan mudah mengalami dehidrasi,” jelas Riyan.

4. Perbanyak Makanan dan Minuman
Selama hampir seharian, perut seseorang yang berpuasa akan kosong sehingga perlu untuk memperbanyak makan dan minum saat melakukan sahur dan buka puasa. Gunanya agar tubuh mendapat asupan tenaga yang cukup untuk menjalankan aktivitas seperti biasanya.

5. Jadwalkan Kegiatan Harian
Menurut Riyan , Ramadhan bukan hanya momen untuk melaksanakan ibadah puasa juga, namun kegiatan positif lainnya. Dengan menyibukkan diri, maka perhatian terhadap rasa lapar dan haus akan teralihkan. Ia menyampaikan bahwa menyibukkan diri bisa dengan membuat kegiatan ringan yang terjadwal.

“Seperti contoh mengikuti kajian keagamaan di Youtube, bersilaturahmi dengan teman, dan kegiatan lainnya,”katanya.

6. Memperbanyak Amalan Sunnah
Riyan menuturkan bahwa tips terakhir adalah memperbanyak amalan sunnah. Hal tersebut dikarenakan puasa adalah bulan yang penuh hikmah dan melimpah pahala.

Amalan sunnah yang bisa dilakukan adalah seperti perbanyak mengaji, bersedekah, perbanyak berdoa, mengurangi perkataan kasar dan rutinkan qiyamul Ramadhan.(detik.com).