9 Ide Hidangan Kreatif Olahan Nasi

Apa yang biasa kamu lakukan dengan nasi? Dimakan sebagai makanan pokok bersama lauk, disulap jadi sushi atau kimbap, digoreng ala abang-abang, atau dimasak jadi nasi gurih bahkan diolah jadi cireng?

Berikut beberapa cara alternatif mengolah nasi yang terinspirasi dari warisan kuliner dunia. Banyak yang bisa direalisasikan, kok. Langsung tengok sekarang, yuk!

1.Bubur Manado

Dari dalam negeri sendiri, kamu bisa menyontek resep yang sehat ini. Dibandingkan bubur ayam biasa, bubur Manado lebih kaya serat. Sumber karbohidratnya tidak hanya nasi, tetapi dikombinasi dengan jagung. Sementara sayuran yang dipakai antara lain labu kuning, wortel, kangkung, dan bayam.

Hidangan ini bisa disantap para vegan dengan mengganti ikan roa atau ikan teri dengan sumber protein nabati. Semisal jamur, tempe, atau tahu. Dipadukan dengan beragam sayuran, cita rasa makanan ini gak perlu diragukan lagi kelezatannya.

2.Arrancini

Arrancini adalah olahan nasi khas Italia. Hidangan ini terbuat dari risotto yang diberi isian keju mozzarella, kemudian dibentuk bulat-bulat, dilumuri tepung panko, lalu digoreng. Bisa menggunakan air fryer atau oven bila ingin lebih sehat.

Risotto sendiri biasanya sudah komplit dari segi kandungan nutrisinya. Berisi sayur sebagai sumber serat dan ditambahkan protein nabati atau hewani sesuai selera. Rasanya juga lebih gurih karena beras dimasak dengan kaldu dan bawang bombai yang ditumis dengan mentega.

3.Spanakorizo

Olahan nasi dari Yunani ini menggunakan bahan dasar beras dan bayam. Beras dimasak dulu bersama minyak zaitun sampai warnanya transparan. Baru kemudian diberi bumbu berupa garam dan merica.

Setelah itu, daun bawang dan dill dimasukkan. Disusul dengan bayam yang sudah dicincang dan air. Beras dimasak sampai berubah jadi nasi dengan api kecil. Tinggal diberi parutan keju dan mungkin tambahan lauk sesuka hati.

4.Nasi lemon

Nasi lemon juga hampir sama cara membuatnya dengan nasi kuning. Nama aslinya chitranna dan berasal dari India. Di negara asalnya, penampakannya hampir sama dengan nasi kuning karena dibuat pula dengan rempah-rempah khas Asia seperti kunyit, jinten, dan lain sebagainya.

Buat yang ingin agak beda, silakan coba resep yang satu ini. Beras cukup ditanak dengan kaldu, perasan air dari 2 buah lemon, dan sedikit garam. Sembari menunggu, buat candied garlic dengan merebus bawang putih bersama kaldu, garam, dan gula selama beberapa menit.

Saat larutan mulai menyerap ke bawang putih, nasi bisa diangkat dan ditumis sebentar dengan minyak zaitun sampai kecoklatan. Sebagai sentuhan akhir, candied garlic, parutan kulit lemon, dan tambahan dedaunan aromatik bisa diaduk ke dalam beras yang sudah menjadi nasi.

5.Unadon

Unadon adalah singkatan unagi donburi atau nasi belut fillet. Cara bikinnya sangat mudah, daging belut fillet dikukus dulu sampai matang. Kemudian dicelup dengan saus marinasi yang terbuat dari gula, kecap asin, dan minyak wijen. Setelah itu, tinggal ditumis di atas wajan teflon sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Begitu sudah matang, belut tinggal disajikan di atas semangkuk nasi. Tambah dengan taburan biji wijen agar makin sedap.

6.Rice burrito

Hampir sama dengan sushi, bedanya nasi di rice burrito digoreng dulu dengan bumbu dan sayuran pelengkap sebelum kemudian digulung dalam lembaran tortilla. Untuk menggoreng nasi diperlukan bawang putih dan bawang merah. Kemudian ditambahkan paprika, jintan, air jeruk lemon, dan saus sambal.

Silakan pakai varian nasi merah kalau ingin lebih berserat, mengingat tortilla sendiri sudah mengandung karbohidrat. Bisa juga ditambahkan protein seperti daging, kacang merah maupun kacang polong.

7.Omurice

Omurice adalah jenis comfort food asal Jepang yang berupa nasi goreng atau nasi putih yang dibalut omelet lembut. Biar lebih sehat, serat dan vitamin berupa salad sayur bisa ditambahkan. Ada juga yang menambahkan kuah kari wortel agar rasanya lebih enak. Dimakan panas-panas memang ideal.

8.Casserole nasi

Meski penampakannya mirip masakan barat, ternyata casserole nasi berikut berasal dari Jepang. Namanya doria dan terbuat dari nasi yang dimasak dengan beberapa bumbu, sayuran, dan jamur yang ditumis terlebih dahulu. Kaldu ditambahkan agar nasi menjadi lebih lembek menyerupai bubur.

Setelah itu, nasi dan bahan-bahan lainnya ditata dalam loyang dan diberi topping keju di atasnya. Dipanggang sampai keju leleh dan bagian pinggir-pinggir nasi mulai tampak kecoklatan. Tinggal angkat dan sajikan dengan taburan seledri dan bawang merah goreng.

9.Sabzi polo

Satu lagi, nih, olahan nasi yang asalnya dari Iran. Sabzi polo adalah nasi yang dipanggang bersama sayuran sampai bagian bawahnya membentuk kerak yang renyah. Elemen yang bikin olahan nasi ini spesial adalah keberadaan rempah safron yang aroma dan rasanya khas.

Sayuran yang dipakai adalah daun parsley, daun bawang, dan bawang putih yang sudah ditumis dengan minyak zaitun. Kemudian, ditata membentuk layer bersama nasi basmati dan taburan saffron di setiap lapisannya. Sebelum dipanggang, loyang dilapisi dulu dengan minyak zaitun agar tidak lengket dan rasanya makin kaya.

(IDN Times)