Anjuran dan Larangan Saat Membeli Furnitur

Perabotan yang kita pilih untuk rumah menentukan kepribadian dan selera kita. Sebagai salah satu investasi terbesar di rumah, furnitur akan bertahan selama bertahun-tahun. Hal itu bisa memperindah atau malah merusak tampilan rumah. Jika membeli furnitur secara online, Anda harus memperhatikan beberapa faktor. Berikut hal-hal yang dianjurkan dan dilarang oleh pakar industri ketika membeli furnitur.

1. Mengumpulkan informasi

Lokendra Singh Ranawat, CEO dan salah satu pendiri merek furnitur premium, mengatakan riset sangatlah penting. “Ini prasyarat pertama sebelum mengeluarkan uang dalam jumlah besar.” “Kita harus mencari informasi ukuran, bentuk, bahan, desain, dan bujet sebelum membeli furnitur.” “Cobalah membandingkan harga furnitur yang sama dari berbagai sumber dan mencari penawaran terbaik.”

2. Cobalah rasakan langsung

Kalau Anda berencana membeli furnitur secara online, cek toko terkait di area Anda. Siapkan ceklis lalu kunjungi toko. Cobalah furnitur yang Anda sukai secara langsung, dan perhatikan setiap detailnya. Pastikan apakah sofa nyaman; apakah ketinggian meja makan cocok; apakah ukuran TV sudah pas untuk rumah, dan sebagainya sebelum membeli.

3. Ukur ruangan dan furnitur

Raghunandan Saraf, pendiri dan CEO merek furnitur mewah, mengatakan, “Terkait estimasi, kita perlu mengukur ruangan di rumah dan furnitur secara akurat.” Kita juga perlu mengetahui apakah ukuran furnitur memungkinkan kita bergerak nyaman dalam rumah. Kita tentu tidak ingin terjebak dalam posisi “Pivot, Pivot, Pivot” seperti Ross.

4. Utamakan kualitas daripada rupa

Pak Ranawat menyambung, “Memang benar rupa itu penting dalam membeli furnitur, tetapi kualitas adalah yang utama.” “Kita seharusnya tidak memprioritaskan rupa daripada kualitas dan daya tahan furnitur. Prioritas utama adalah daya tahan, lalu keindahan—begitulah cara memilih yang cerdas.” “Kita pasti bisa menemukan kombinasi keindahan dan daya tahan, kita hanya perlu mencari.”

5. Jangan lupa membandingkan

Dianjurkan agar meluangkan waktu saat berbelanja furnitur; jangan pilih produk pertama yang Anda lihat. Selain itu, tampung beberapa opsi. Lihat berbagai toko online, kunjungi toko secara langsung untuk mendapatkan gambaran, lalu ambil keputusan.