Apa itu Prosopagnosia, kondisi yang menyerang Shenaz Treasury dan Brad Pitt?

Aktris Ishq Vishk Shenaz Treasury mengungkapkan pada hari Selasa bahwa dia telah didiagnosis mengidap kondisi yang disebut prosopagnosia. Dia mengumumkan berita itu dengan serangkaian unggahan Instagram Story. Pengungkapannya datang beberapa hari setelah bintang Hollywood Brad Pitt berbicara tentang gejala prosopagnosia. Jadi, apa itu prosopagnosia? Bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan mereka yang didiagnosis mengidap penyakit ini?

Prosopagnosia adalah suatu kondisi di mana menjadi sulit bagi orang yang didiagnosis mengidap gangguan ini untuk mengenali wajah orang. Juga disebut “buta wajah”, orang dengan kondisi ini biasanya mengenali orang dengan aspek lain seperti suara, bentuk, dan fitur penting di wajah dan tubuh mereka. Dapat dimengerti, atribut-atribut ini seringkali tidak cukup bagi mereka yang terkena penyakit ini untuk mengidentifikasi orang lain.

Terlepas dari kesulitan yang jelas untuk mengenali orang, kondisi ini dapat menimbulkan tantangan dengan memengaruhi kehidupan sosial pasien karena banyak dari mereka tidak dapat mengenali anggota keluarga, pasangan, dan teman mereka sendiri. Gangguan ini bisa bersifat turun temurun tetapi juga bisa menjangkiti. Orang dengan stroke iskemik/hemoragik, kerusakan otak, atau kondisi mental seperti Alzheimer, depresi, dan skizofrenia dapat terkena prosopagnosia.

Menunjukkan gejala kondisi tersebut, Treasury mengatakan di Instagram bahwa dia dulu kesulitan mengingat wajah orang. “Saya telah didiagnosis mengidap prosopagnosia,” tulisnya. “Sekarang, saya mengerti mengapa saya tidak pernah bisa mengenali wajah. Ini adalah gangguan kognitif. Saya selalu merasa malu karena tidak bisa mengenali wajah. Saya mengenali suara,” imbuh travel influencer itu lebih lanjut.

Di sisi lain, Pitt mengatakan selama wawancara dengan GQ bahwa dia ingin mengingat orang-orang yang dia temui tetapi dia tidak bisa dan dia “malu karenanya.” Pitt mengungkapkan bahwa dia belum secara resmi didiagnosis mengidap prosopagnosia. Aktor tersebut mengatakan bahwa dia “kesulitan untuk mengingat orang baru,” yang membuat mereka berpikir bahwa dia “terkucil dan menyendiri, tidak dapat diajak komunikasi, egois.”