Arti ‘Meta’, Nama Baru Facebook

Sekolahnews.com – Facebook resmi berganti nama menjadi Meta, perusahaan mengatakan rebranding berfokus membangun “metaverse”.

Perubahan nama tersebut terjadi ketika perusahaan media sosial terbesar di dunia itu melawan kritik dari pembuat undang-undang dan regulator atas kekuatan pasarnya, keputusan algoritmik, dan pemolisian pelanggaran pada layanannya.

Seperti dilansir dari Reuters, CEO Mark Zuckerberg mengatakan nama baru tersebut mencerminkan pekerjaannya yang berinvestasi di metaverse, daripada layanan media sosial senama, yang akan terus disebut Facebook.

Baca juga: Pengguna Instagram dan Facebook Dapat Sembunyikan Like

Metaverse adalah istilah yang diciptakan dalam novel dystopian “Snow Crash” tiga dekade lalu dan sekarang menarik perhatian di Silicon Valley. Hal ini merujuk secara luas pada gagasan tentang dunia virtual bersama yang dapat diakses oleh orang-orang yang menggunakan perangkat yang berbeda.

“Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan,” kata Zuckerberg.

Facebook mengganti nama perusahaan menjadi Meta karena tidak lagi sejalan dengan besarnya visi masa depan.

“[Facebook] adalah merek ikonik media sosial, tetapi menjadi semakin tidak mewakili semua yang kami lakukan,” kata pendiri Facebook Mark Zuckerberg, seperti melansir CNN.

Meta sendiri diambil dari bahasa Yunani yang artinya ‘beyond’ atau melampaui, nama ini juga merujuk pada Metaverse, sebuah dunia maya baru yang lebih canggih dari internet saat ini.

Meta adalah perusahaan induk, sementara Facebook, menjadi salah satu anak perusahaan, begitu pula dengan Instagram dan WhatsApp.

Selain mengubah nama, Facebook juga mengganti logo perusahaan yang awalnya gambar ‘likes’ atau ‘jempol ke atas’ menjadi ‘The Blue Infinity’ untuk Meta yang saat ini belum dimunculkan secara resmi.

Baca juga: Facebook Akan Luncurkan Kacamata Pintar

Zuckeberg di halaman Facebook pribadinya juga mengubah jabatannya menjadi ‘Pendiri dan CEO Meta’.

Zuckerberg sempat ditanya apakah akan tetap menjadi CEO Facebook selama lima tahun ke depan.

“Mungkin. Saya tidak memiliki tanggal spesifik berapa lama saya ingin melakukan ini. Saya kira apa yang bisa saya katakan adalah saya sangat bersemangat tentang hal selanjutnya dari apa yang kami lakukan,” ucap Zuckeberg ketika ditanya The Verge.(rri.co.id).