4 Manfaat Fitur Awan Penggerak, Aplikasi Belajar Guru yang Bisa Diakses Offline

Sekolahnews – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Awan Penggerak untuk memudahkan guru dan tenaga kependidikan di daerah yang sulit mengakses internet.
Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa diakses tanpa jaringan internet. Selain itu, Awan Penggerak menjadi solusi dalam mempercepat pemerataan akses dan mutu layanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

“Oleh sebab itu, agar kesetaraan dan keadilan itu tercipta, kami terus berupaya memastikan agar guru di daerah khusus dan/atau satuan pendidikan yang mengalami kendala jaringan internet tetap mempunyai akses sumber belajar dan memiliki wadah kolaborasi yang saling memberdayakan,” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani dalam acara perilisan Awan Penggerak di Jakarta.

Nunuk berharap baik guru maupun pemangku kepentingan bisa mendapatkan manfaat dari Awan Penggerak ini. Dengan adanya aplikasi ini, maka semua guru mempunyai kesempatan mengakses materi pelatihan yang sama.

“Diharapkan nantinya guru di daerah khusus dan/atau satuan pendidikan yang mengalami kendala jaringan internet memiliki kompetensi yang sama dengan guru di daerah reguler untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” kata Nunuk.

4 Fitur Unggulan Awan Penggerak bagi Guru
1. Sumber Belajar
Fitur ini menyediakan berbagai buku, artikel, dan sumber belajar cetak digital. Siapapun bisa masuk dan menggunakan fitur ini.

2. Video Pembelajaran
Video pembelajaran menampilkan beberapa tutorial, dan multimedia digital. Adapun sumber informasi di Awan Penggerak berasal dari Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan sumber lain yang dapat dimanfaatkan oleh PTK di daerah khusus atau satuan pendidikan yang mengalami kendala jaringan internet.

3. Regulasi dan Kebijakan
Regulasi dan kebijakan mempunyai informasi seputar peraturan perundang-undangan, pedoman, petunjuk teknis, panduan, dan kebijakan mengenai implementasi kurikulum merdeka.

4. Pelatihan Mandiri
Pelatihan mandiri ini dapat diakses oleh guru untuk belajar berbagai topik seputar pengajaran hingga Kurikulum Merdeka. Beberapa topik pelatihan yang tersedia di Awan Penggerak di antaranya adalah sebagai berikut:

– Pendidikan kekerasan seksual
– Pendidikan toleransi
– Bahaya perundungan
– Layanan peminatan dan responsif
– Numerasi awal bagi anak usia dini
– Asesmen pembelajaran literasi
– Asesmen SD-SMA
– dan lainnya