Beberapa Tips Memilih Kampus

SekolahNews – Banyak diantara kita yang masih bingung untuk melanjutkan studi setelah lulus SMA atau sederajat. Hal ini sebaiknya telah kita pertimbangkan dari jauh-jauh hari, misalnya pada saat duduk di bangku SMP atau awal masuk SMA sehingga dapat fokus pada pilihan kita nanti.

Berikut ini beberapa tips yang perlu dipertimbangkan pada saat akan memilih tempat kuliah :

1. Tentukan keinginan kita dan lihat prospek karir atau profesinya

Sebelum menentukan jurusan dan kampus yang akan dituju, pertimbangkan dulu keinginan kita. Mungkin sebelumnya kita berfikir untuk jadi hakim, dokter, insinyur mesin, dan profesi lainnya yang sudah biasa kita dengar.

Tapi perlu juga kita pertimbangan profesi lain sebagai alternative, karena saat ini banyak kita temui beberapa profesi baru yang mungkin juga kita tidak tahu dan profesi ini sangat menjanjikan di masa depan. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi dan lingkungan. Contoh : Software Engineer, Financial Planner, Cloud Computing Engineer, Food Auditor, Renewable Engergy Engineering, Data Analyst, dan Industrial Designer. Dengan mengulik profesi dan karier yang prospektif di masa depan, tentu akan bisa lebih mudah bagi kamu untuk menentukan jurusan.

2. Mencari Informasi yang Lengkap

Carilah informasi mengenai jurusan dan kampus yang sesuai dengan keinginan kita. Dengan teknologi saat ini kita dapat dengan mudah mengakses data tersebut.

3. Memilih Beberapa Kampus

Pilihlah beberapa kampus yang cocok dengan keinginan kita. Cari informasi lebih detail seperti fasilitas kuliah, fasilitas umum kampus, dan sebagainya sehingga kita mempunyai gambaran mengenai kampus tersebut.

4. Lihat Akreditasi dan Reputasi Kampus

Setelah menemukan kampus yang akan dipilih, maka cari informasi mengenai akreditasi dan reputasi kampus tersebut. Disamping itu kita juga kita cari tahu juga data alumninya. Dengan demikian kita bisa meyakinkan diri kita bahwa pilihan kita sudah benar.

5. Pertimbangan Lokasi dan Biaya

Lokasi dan biaya memang salah satu unsur penting yang sering menjadi bahan pertimbangan memilih kampus yang tepat. Karena lokasi akan mempengaruhi biaya hidup serta kenyamanan kita selama belajar.

6. Daya Tampung

Daya tampung sebuah kampus ternama tentu sangat terbatas sehingga kita harus mempertimbangkan peluang diterima. Beberapa jalur yang diberikan mungkin bisa dipertimbangkan. Namun sebaiknya tetap menyesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Jangan terlalu memaksa, ok?

7. Diskusikan Dengan Orang Tua dan Orang Terdekat

Mintalah pendapat orang tua dan orang-orang terdekat kita atau orang yang lebih berpengalaman. Konsultasi tentu akan memberikan pertimbangan dari sisi positif dan negatif.

8. Berpikir Realistis

Keinginan yang menggebu bisa melanjutkan pendidikan di universitas A bisa jadi cambuk penyemangat. Namun, Kamu harus tetap berpikir realistis. Pertimbangkan matang-matang sesuai dengan kemampuan diri sendiri baik sisi finansial dan akademik.

Semoga tips diatas dapat membantu kamu dalam menentukan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

242 thoughts on “Beberapa Tips Memilih Kampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *