Fakta Mengenai Matcha

Matcha sangat populer dan umum dikonsumsi di Jepang. Minuman ini juga disebut sebagai ‘superfood’ karena manfaat sehatnya bagi tubuh.

Selain teh hijau, matcha juga dikenal sebagai minuman sehat untuk tubuh. Karena, matcha juga mengandung zat antioksidan yang tinggi untuk menjaga imunitas tubuh. Matcha sangat populer di Jepang. Minuman yang terbuat dari bubuk teh hijau ini memiliki aroma khas dan rasanya cenderung pahit. Berikut ini fakta menarik mengenai matcha:

1. Matcha Kaya Zat Antioksidan

Matcha bisa dikonsumsi rutin untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Ini dikarenakan matcha memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Zat antioksidannya berasal dari senyawa polifenol yang mengandung katekin epigallocatechin gallate.

Senyawa ini berperan menjadi zat antioksidan kalau kamu menyeduh matcha secara tepat. Matcha idealnya diseduh pada suhu 100 derajat Celcius selama 5-10 menit. Hasilnya adalah produksi polifenol yang tinggi dan bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Zat antioksidan yang tinggi juga berguna dalam melawan risiko kanker pada tubuh.

2. Satu sendok teh matcha mengandung 70 miligram kafein.

Padahal, satu shot espresso hanya mengandung 64 miligram kafein. Artinya secangkir matcha akan memberikan energi yang lebih banyak dibanding kopi.

3. Matcha mencegah timbulnya jerawat

Selain bisa berfungsi sebagai antibakteri, kandungan vitamin A, C, E,dan betakaroten pada matcha bisa mencegah timbulnya jerawat.Matcha juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih yang juga mencegah timbulnya jerawat.

4. Dikonsumsi untuk Diet

Kalau sedang menjalani program diet, minuman yang dikonsumsi juga harus sehat. Salah satunya yang aman dikonsumsi adalah matcha.

Matcha bisa menggantikan kopi karena juga mengandung kafein yang bisa meningkatkan energimu. Jadi, matcha bisa jadi alternatif kopi yang lebih sehat. Jumlah kalori pada matcha juga rendah. Dilansir dari Fat Secret, dalam 1 sdt bubuk matcha hanya mengandung 11 kalori saja. Jadi, aman untuk dikonsumsi para pelaku diet.

5. Moodbooster biar tetap Bahagia

Mood enggak selamanya happy terus-terusan.Apalagi kalau tugas sekolah udah menumpuk, bad mood enggak bisa dihindari.Kandungan L-theanine dalam matcha bisa mengembalikan mood jadi ceria lagi. Mengonsumsi matcha juga bisa mengurangi rasa insecure yang kita rasakan.

6. Matcha berbeda dengan green tea

Walaupun sama-sama berwarna hijau, matcha berbeda dengan green tea, lho.

Matcha adalah bentuk bubuk dari teh hijau yang proses penanamannya juga spesial. Matcha ditanam di tempat yang teduh sehingga jumlah klorofilnya jauh lebih tinggi dari teh hijau biasa.

7. Matcha dapat menyingkirkan bau mulut

Matcha mengandung banyak zat hijau daun (klorofil) yang mendetoksifikasi darah, hati, dan saluran pencernaan. Memiliki usus yang bersih juga menghilangkan bau mulut dan bau badan.

8. Jangan minum matcha yang dicampur susu

Saat meminum matcha, sebaiknya tidak dicampur dengan susu. Peneliti Jerman menemukan susu akan menetralkan efek katekin yang ada dalam matcha.