Finlandia Negara Paling Bahagia, Kok Bisa ?

Sekolahnews.com – Finlandia kembali menduduki daftar teratas sebagai negara paling bahagia di dunia. Salah satu alasan yang membuat Finlandia dinilai sebagai negara paling bahagia, karena negara tersebut dapat menangani COVID-19 lebih baik dari negara lain.

“Selama pandemi, Finlandia berada di peringkat tertinggi yang membuat mereka saling melindungi kehidupan dan mata pencaharian masyarakat,” tulis para penulis studi seperti dilansir Mint.

Survei ini berupaya mengukur kebebasan dan kepuasan pribadi individu terhadap kehidupannya masing masing.

Survei menggunakan data dari 149 negara bersama dengan ukuran PDB, tingkat dukungan sosial, dan persepsi korupsi.

“Dasar-dasarnya sangat bagus di sini. Di sini tak ada orang yang tinggal di jalanan. Di sini ada pengangguran, tapi layanan kesehatan sangat berfungsi,” ujar penjual bunga bernama Riitta Matilainen, mengutip AFP.

Hasilnya, Finlandia ditemukan unggul dengan layanan publik kelas dunia yang tenang, tingkat kejahatan rendah, dan tingkat kepercayaan terhadap pemerintah tinggi.

Dilansir Business Insider, penyusunan daftar negara paling bahagia ini dilakukan berdasarkan persepsi penduduk terkait kesejahteraan mereka selama tinggal di negara tersebut dan seberapa tingkat kebahagiaan warganya.

“Orang-orang di negara ini memiliki kepercayaan tinggi kepada pemerintahnya, sehingga mereka tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan untuk kesejahteraan mereka, seperti penyakit, diskriminasi, ketakutan akan bahaya, pengangguran, dan penghasilan rendah,” kata Jeffrey Sachs, co-editor laporan ini

Selain itu, resep utama dari kebahagiaan dialami Finlandia adalah terbentangnya alam luas dan menenangkan.

Finlandia merupakan negara dengan deretan hutan rimbun dan ribuan danau.

Pemandian uap tradisional tersedia di berbagai penjuru Finlandia juga disebut berkontribusi.

“Kunci dari titel bahagia dari orang Finlandia adalah pergi ke alam bebas, dengan deretan hutan dan ribuan danau, serta pemandian uap tradisional,” kata Kepala Layanan Promosi Finlandia Business Finland Paao Virkkunen.

Hal yang sama juga terjadi pada masakan Finlandia yang sebelumnya pernah begitu diejek karena rasanya yang hambar.

Para pemilik restoran sekarang, justru memuji kesederhanaan dan bahan bahan alami dari masakan Finlandia.

Finlandia empat kali beruntun dinobatkan sebagai negara-negara paling bahagia di dunia, diikuti Denmark, Swiss, Islandia, dan Belanda.

Indonesia berada pada peringkat 82 dari daftar tersebut. Sementara itu, Afghanistan berada di posisi paling bawah dan dinobatkan sebagai negara paling tidak bahagia di dunia tahun ini.