Helikopter NASA Gagal Terbang ke-4 di Mars

Sekolahnews.com – Helikopter Mars Ingenuity NASA gagal melakukan penerbangan keempat yang dijadwalkan pada hari Kamis (29/4/2021), dengan menunjuk persoalan perangkat lunak yang menjadi masalah dan berjanji untuk mencoba lagi pada hari berikutnya.

“Helikopter itu aman dan dalam keadaan sehat,” kata sebuah pernyataan, menambahkan bahwa helikopter itu gagal melakukan transisi ke “mode penerbangan”.

Tim berencana untuk mencoba penerbangan sekali lagi pada hari Jumat pukul 10.46 Waktu Timur (1446 GMT) dengan data diharapkan masuk kembali di Laboratorium Propulsi Jet NASA sekitar tiga jam kemudian, seperti dikutip dari Physorg, Jumat (30/4/2021).

Masalah perangkat lunak diperkirakan sama dengan yang menunda penerbangan perdana Ingenuity, penerbangan bertenaga pertama di planet lain. Awalnya dijadwalkan pada 11 April, prestasi bersejarah itu baru terjadi pada 19 April.

Alasannya adalah kesalahan yang terkait dengan “pengatur waktu pengawas” pesawat, yang memperingatkan Ingenuity akan potensi masalah dan menghentikan prosesnya jika dianggap telah mendeteksi kesalahan.

Para insinyur membuat perubahan kode yang memungkinkan Ingenuity mengatasi masalah dan bertransisi ke mode penerbangan dengan benar — tetapi diperkirakan ada 15 persen kemungkinan itu tidak akan berfungsi pada setiap upaya penerbangan.

“Penundaan hari ini sejalan dengan perkiraan itu dan tidak menghalangi penerbangan di masa depan,” kata NASA.

Sejak mencapai Mars pada Februari di bawah perut rover Perseverance, helikopter seberat 1,8 kilogram itu telah melakukan tiga penerbangan yang sukses.

Yang terakhir, yang berlangsung hari Minggu, menyaksikannya bergerak lebih cepat dan lebih jauh dari sebelumnya, dengan kecepatan puncak dua meter per detik. Alat itu menempuh jarak 50 meter.

Penerbangan ingenuity menantang karena kondisinya sangat berbeda dari Bumi — yang paling utama adalah atmosfer yang memiliki kepadatan kurang dari satu persen dari bumi dan berarti ia harus memutar rotornya pada 2.400 putaran per menit.