Internet Pendongkrak Utama Ekonomi Tiongkok

SekolahNews – Sebagai aspek utama ekonomi digital, ekonomi internet (internet economy) telah menjadi mesin utama bagi pendorong ekonomi baru Tiongkok.

Indeks ekonomi internet, seperti dilansir Xinhuanet, menjadi salah satu dari lima sub indeks dari indeks pendorong ekonomi baru Cina yang berkontribusi sebesar 80,8 persen terhadap pertumbuhan indeks gabungan pada tahun 2018.

Cina telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil dan signifikan dilihat dari indeks ekonomi baru yang dicapai sejak 2014. Saat ini negara tirai bambu telah mengalami tingkat pertumbuhan 28,7 persen dari tahun lalu.

Sebagai komponen utama ekonomi Internet, Cina mempunyai jumlah pengguna internet seluler sebanyak 1,4 miliar pada 2018. Angka itu naik sebesar 9,9 persen year of year (YoY).

Negara tersebut diketahui juga mencatat transaksi e-commerce sebesar 31,6 triliun yuan atau setara US$4,6 triliun pada 2018. Angka itu mengalami kenaikan sebesar 8,5 persen YoY.

“Ditopang oleh industri baru, format baru dan model-model baru, pendorong ekonomi baru Cina sedang berkembang, melepaskan vitalitas ekonomi dan mendukung pembangunan berkualitas tinggi,” ucap Lyu Haiqi, seorang pejabat di Biro Statistik Nasional.

www.gatra.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.