Jembatan Terkenal Di Dunia

Jembatan merupakan struktur bangunan yang dibuat untuk menyeberangi jurang, sungai atau selat. Jembatan dibangun untuk menyeberangkan pejalan kaki, kendaraan, kereta api diatas halangan.

Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flow).

Di dunia ini sudah banyak dibangun jembatan-jembatan sebagai sarana penghubung antara tempat yang satu dengan yang lainnya. Diantara banyak jembatan yang dibangun, Ada beberapa jembatan yang telah terkenal keberadaannya karena bentuknya yang unik serta tinggi atau panjangnya yang fantastis atau usianya yang sudah sangat tua sehingga ada sebagian jembatan-jembatan ini menjadi Ikon Kota tempat jembatan tersebut berada.

– Ponte Vecchio

Ponte Vecchio adalah salah satu Jembatan Paling Terkenal Di Dunia yang melintasi Sungai Arno yang menghubungkan kota Lungarno dengan Oltrano. Jembatan ini dibangun pada tahun 1345 oleh Taddeo Gaddi dan menjadi Jembatan Paling Terkenal di kota Florence, Italia. Jembatan ini sebenarnya lebih darui sebuah jembatan karena pada jembatan terdapat jalan dan pertokoan.

– Golden Bridge Gate

Golden Bridge Gate adalah sebuah Jembatan Paling Terkenal Di Dunia yang membentang sepanjang Golden Gate. Sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Jembatan ini menghubungkan Kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Panjang jembatan keseluruhan 2.727 meter. jarak antara menara 1.280 meter dengan tinggi 230 meter diatas permukaan air.

Jembatan ini adalah hasil dari Joseph Strauss, seorang teknisi yang bertanggung jawab atas 400 gambar jembatan. Meskipun jauh lebih kecil dari jembatan Golden Gate dan kebanyakan di dalam benua. Strauss telah menghabiskan lebih dari satu dekade untuk mengunpulkan dukungan dari California Utara. Usulan awal dari Strauss benar-benar tidak bagus. terdiri dari sebuah cantilever besar di setiap sisi yang dihubungkan dengan bagian suspensi terpusat.

Orang penting lainnya dari proyek ini termasuk arsitek Irving Morrow, bertanggung jawab atas sentuhan Art Deco dan pilihan warna dan teknisi Charles Alton Ellis dan perancang jembatan Leon Moisseiff yang bekerjasama dalam matematiks kompleks yang terlibat.

– Sydney Harbour Bridge

Sydney Harbour Bridge adalah jalur utama untuk menyeberangi pelabuhan Sydney yang menghubungkan distrik pusat bisnis Sydney (Sydney CBD) dengan wilayah utara Sydney (North Sydney). Diatasnya terdapat jalur kereta api, kendaraan bermotor, sepeda dan trotoar. Bersamaan dengan Gedung Opera Sydney, Sydney Harbour Bridge adalah Ikon Kota Sydney sekaligus Australia. Warga setempat menamakan jembatan ini dengan sebutan “The Coathanger” (Gantungan Pakaian) akibat dari desainnya yang melengkung pada bagian atas.

Jembatan ini merupakan Bangunan Tertinggi di kota Sydney hingga tahun 1967. Menurut Guiness World Records, Jembatan ini merupakan Jembatan Terlebar Di Dunia sekaligus jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia dengan puncaknya berdiri diatas 134 meter diatas permukaan pelabuhan. Jembatan ini juga tercatat sebagai jembatan lengkung besi terpanjang nomor empat di dunia.

– Tower Bridge

Tower Bridge adalah jembatan yang membentang diatas Sungai Thames di London, Inggris. Jembatan ini menggabungkan dua desain jembatan yaitu Jembatan Angkat dan Jembatan Gantung yang letaknya berdekatan dengan dengan London Tower sehingga jembatan ini dinamakan Tower Bridge. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1894 dan merupakan salah satu Ikon Kota London.

Tower Bridge adalah salah satu jembatan yang dimiliki dan dikelola oleh Bridge House Estates sebuah lembaga amal dari City of London Corporation. Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki yang berada 42 meter diatas Sungai Thames. Dari jembatan ini para pengunjung dapat menikmati keindahan kota London.

– Suramadu Bridge

Menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura, Indonesia. Jembatan sepanjang 5.438 meter merupakan Jembatan Terpanjang Di Indonesia saat ini. Jembatan ini terdiri atas tiga bagian yaitu Jalan Layang, Jembatan Penghubung dan Jembatan Utama.

Jembatan ini diresmikan pada awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 23 Agustus 2003dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Jembatan ini dibangun dengan tujuan mempercepat pembangunan di Pulau Madura yang meliputi bidang insfrastruktur, dan ekonomi di Madura yang relatif tertinggal dibandingkan dengan kawasan lainnya di Provinsi Jawa Timur. Jembatan Suramadu diperkirakan menghabiskan biaya sekitar 4,5 triliun rupiah.